TK KHADIJAH 58 KEMBIRITAN GENTENG TERAPKAN KONSEP SEKOLAH RAMAH ANAK

Banyuwangi, 02/08/ 2023-Lembaga Pendidikan Prasekolah (TK Khadijah 58) binaan Lembaga Pendidikan Maarif NU Banyuwangi, menerapkan layanan unggul berbasis “Ramah Anak”.

Kunjungan Mbah Guru Rifai, yang juga mantan Dewan Pakar LP Maarif Banyuwangi itu, melihat dari dekat bagaimana lembaga yang mengurus anak usia dini tersebut menerapkan konsep sekolah yang menjadi perhatian kementerian pendidikan itu. Yang menjadi “jujugan” mantan/pensiunan Kepala SMA itu adalah kantin dan toilet serta lingkungan bermain anak-anak.

Lembaga pendidikan usia dini itu dipimpin oleh Ibu Nurul Hikmawati, S.Pd., menceritakan bagaimana menciptakan suasana sekolah yang benar menurut konsep sekolah ramah anak.

Beliau berrutur ke awak media, bahwa untuk mewujudkan sekolah ramah anak itu; Pertama menjamin anak-anak yaman, aman dan senang. Kedua lingkungan sekolah yang mendukung dan ketiga fasilitas pendukung yang memadai.

Hasil pantauan Mbah Guru Rifai waktu berkunjung, ditegaskan sekalipun belum menunjukkan sekolah yang ideal, TK Khadijah 58 Kembiritan Genteng menunukkan sekolah yang sudah berusaha menciptakan konsep sekolah ramah anak. Kantin dan toiletnya sudah sehat.

Bebas sampah plastik. Sanitasi berfungsi bagus, ujarnya. Tapi tempat bermain anak-anak sangat kurang memadai karena, pertama lahannya terbatas dan kedua masih menjadi satu kawasan dengan MI.

Namun demikian, imbuh Mbah Guru Rifai, layanan proses pembelajarannya sudah bagus, sudah sejalan dengan konsep Kurmer dari Kemendikbud.

Sosok yang sudah malang melintang di dunia pendidikan itu, Mbah Guru Rifai memberikan penilaian bagus atas layanan lembaga prasekolah yang menjadi kebanggaan warga NU Banyuwangi itu.
MGR Jurnalis Menara Madinah