KITA BUTUH SUPER TEAM, BUKAN SUPERMAN

 

Oleh :Musthofa Zuhri
(Kamad MTsN 8 Jember).

 

Topik hari ini, tentang kerja sama, sebuah pekerjaan yang diselesaikan secara bersama – sama.

Disebuah intitusi apapun, fungsi kerja sama sangat penting, liat saja, kita liat disebuah lembaga pendidikan , kepolisian atau Team sepak bola dan sebagainya .

Di sebuah institusi pendidikan, jika mengandalkan seorang superman dengan kekuatan kepala tanpa menggerakkan pihak akademik, adminstrasi,Tu, tukang kebun, office boy, dan organ organ pendidikan yang lain, masyarakat dan orang tua murid , saya kira , pendidikan tak akan berjalan dengan baik.

Target yang dicanangkan dalam sebuah lembaga pendidikan yang diracik pada visi misi akan gagal total . SEHEBAT apapun seorang yang menggerakkan dari.intitusi itu. Karena yang kita butuhkan bukan lah seorang yang SUPERMAN, namun super Team.

Operasi intelijen, tak akan bisa berjalan dengan mulus , jika tak dibarengi dengan keterlibatan sebuah tim spionase yang kuat, juga penguatan dukungan dari masyarakat akan pentingnya sebuah informasi yang dikumpulkan .

Pihak aparat keamanan haruslah mendapatkan kepercayaan dan.dukungan penuh dari masyarakat . Kepercayaan itulah yang akan menjadikan kekuatan sebuah team Di republik ini.

Masyarakat harus benar benar mampu menjaga marwah rasa empati terhadap pihak keamanan. Dan pihak keamanan mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat . Melindungi , mengawal dan menjaga masyarakat dari rasa takut .

Hubungan simbolis mutialisma yang dibangun antar team dari pihak keamanan dan masyarakat amat dibutuhkan.

Demikianlah jika kita mengurai dari dua sistem di institusi pendidikan dan keamanan. Super team lebih memiliki makna ketimbang superman .

Contoh yang lain yang memperkuat adanya SUPER TEAM adalah bidang soccer . Sepak bola.

Kita harus meniru kehebatan super Team yang dipertontonkan oleh team sepak bola dunia. Ambil contoh barca dan real madrid .

Di tim barcelona dalam memainkan bola tiki taka, cukup indah bukan? atau anda juga menyimak pertandingan real madrid misalnya, cukup luar biasa dalam mencetak goal.

Duo tim raksas spanyol ini, mampu memperdaya lawan lawan nya karna faktor kerjasama yang baik, kerjasama tim yang luar biasa antar lini saling memberi rasa aman dan percaya, siapapun yg melakukan finishing goal, tak jadi jadi soal. Dan untuk itulah tim – tim tangguh spanyol mampu bertahan hingga saat ini.

” Kerja sama yang bertahan lama adalah kerjasama yang saling menguntungkan dengan Adil.

Meski saya yakin, membangun formulasi tim tangguh tak begitu saja dilakukan dg mudah, ia butuh penguatan penuh ditingkat internal baik menejer, pelatih maupun pemain

“Sebelum kerjasama tercipta, terlebih dahulu harus diiringi dengan rasa saling percaya. Sebelum kerjasama ini berhasil, harus di isi dengan kepercayaan yang menguat”

jika real madrid lebih pada menyerang dengan mengandalkan kecepatan pemain, berbeda dengan barca yang suka memainkan bola dari kaki ke kaki dg umpan umpan pendek.. keuletan dan kesabaran. Dan targetpun menjebol gawang lawan.

Messsi misalnya, dia kadang harus rela gol yang ia lesapkan hrs dibagi pada suarez maupun nymar. Berbagi kepercayaan sangatlah penting

“Untuk meraih hal yang besar, kita harus pintar menjalin kerja sama dengan orang-orang yang memiliki kemampuan yang tidak kita miliki”

Sisi lain, ketika sang mega bintang ronaldo, melakukan power full dalam penguasan bola, yang kadang cukup tak elok, karna indibidualistik dalm penguasaan lapangan akan menjadikan satu kelemahan.

” Kerjasama akan menjadikan kita kuat, jika cara merawatnya tepat. Kerja sama akan menjadikan kita semakin lemah, jika cara merawatnya salah”

Baik ronaldo maupun messi, satu hal yang membuat duo kekuatan raksaA spanyol selalu bertengker dipapan atas karena dua duanya bisa mendengarkan intruksi sang pelatih.Dan mereka mampu merawat akal sehat nya dalam mensinergikan antara pemain dan pelatih. Sehingga tak ada yg jadi korban. Kalaupun toh ada perbedaan pandangan, itu adalah hal yang wajar, bukan menjadikan keruwetan, karna beda dalm sudut pandang, bukan meniadakan makna super team dg gol-gol yang ditargetkan

“Kerja sama adalah bekerja bersama-sama. Bukan mengorbankan orang lain demi kemenangan pribadi anda”

Intinya, dimanapun kita, perlu membangun super team, dan meminimalisir kekuatan superman.

Superman lebih pada menonjolkan kekuatan pribadi dg ego yang meledak – ledak, sedangkan super team lbh fokus pada melihat potensi masing masing. yang kemudian digerakkan dalam satu team, tak ada yg lbh dipentingkan selain kebersamaan dg kerjasama antar lini yg diinginkan. Dan indah bukan??

Dan, dimalam ini, si super Team pun bisa kita liat di acara santap sahur .

Isteriku menyiapkan masakan, sedang gadis kecilku mencuci piring di dapur , sementara aku mengatur jalannya lalu lintas penggorengan tahu dan tempe, dengan sesekali mencicipi rasa uenaknya sambal terasi yang dibuat istri.

Nah…kita butuh kerja sama dan sama sama kerja. Bukan sekedar instruktur yang handal yang malas bekerja lebih lebih yang sok super padahal “memble”

Tuh kan…!!