Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur KKN Tematik di Kelurahan Bendo Kec Kepanjen Kidul Kota BLITAR-menaramadinah.com

Blitar-menaramadinah.com-Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur melakukan KKN Tematik di kelurahan Bendo kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar sejak 16 Maret 2023.

Tujuan, membantu mengembangkan ekonomi kreatif dan kewirausahaan
Dilaksanakan selama 3bulan

Rencana dan Teknik Pelaksanaan Kegiatan
2.3.1 Program Umum
​Berikut merupakan beberapa program kerja yang kami tawarkan untuk pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) MBKM, antara lain:
A. Penyuluhan mengenai Branding Produk
Kegiatan ini akan mengundang beberapa pelaku UMKM di wilayah Bendo sebagai target atau peserta kegiatan tersebut dengan tema “Branding Produk dalam Upaya Peningkatan Penjualan UMKM”. Penyuluhan akan diisi oleh narasumber yang berkompeten di bidang branding produk guna memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal bagi peserta. Tujuan dari program kerja ini adalah untuk memaksimalkan strategi promosi produk yang dimiliki oleh UMKM setempat.

B. Penyuluhan Mengenai Digital Marketing dan Pelatihan Penggunaan E-Commerce
Kegiatan ini ditarget mampu mengenalkan kepada pelaku UMKM di wilayah Bendo mengenai penggunaan platform digital dalam pemanfaatan sebagai media pemasaran. Penyuluhan akan diisi oleh narasumber yang berkompeten dalam bidang Digital Marketing guna memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal bagi peserta. Tujuan dari program kerja ini adalah memaksimalkan penggunaan platform digital baik media sosial maupun e-commerce untuk mempermudah dalam pemasaran dan memperluas jangkauan pasar UMKM di wilayah Bendo.

C. Pendampingan Setelah Program Penyuluhan Branding, Pemasaran Digital, dan Pelatihan E-Commerce.
Kegiatan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari program kerja sebelumnya guna melihat permasalahan, kendala, dan perkembangan dari implementasi materi yang telah diberikan kepada pelaku UMKM wilayah Bendo. Hal ini akan mempermudah kami dalam memberikan solusi yang lebih tepat bagi pelaku UMKM wilayah Bendo mengenai branding dan pemasaran digital serta pemanfaatan e-commerce dalam kegiatan mereka. Tujuan dari program kerja ini adalah menyelesaikan permasalahan dan memaksimal implementasi materi yang telah diberikan.

D. Peningkatan Kualitas Kemasan dan Pelabelan Produk
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kualitas kemasan produk dari UMKM wilayah Bendo supaya bisa memaksimalkan pemasaran dan mempertahankan kualitas produk dalam waktu yang lebih lama. Pelaku UMKM di wilayah Bendo juga perlu diberikan kesadaran bahwa kemasan produk merupakan bagian dari pemasaran yang memiliki nilai pikat tersendiri. Output dari pelatihan ini yaitu mengharapkan agar setiap UMKM memiliki desain kemasan dan label produk sendiri untuk menunjang pemasaran dan perluasan target pasar.

E. Pembuatan Teknologi Tepat Guna
Sebagai upaya dalam membantu dan meningkatkan kegiatan berwirausaha masyarakat di wilayah Bendo, perlu adanya Teknologi Tepat Guna yang nantinya bisa digunakan oleh pelaku UMKM. Tujuan dari program ini yaitu memberikan sebuah inovasi yang tepat dan berguna bagi kebutuhan UMKM di wilayah Bendo dalam memproduksi produk-produk yang berkualitas.

Hendrik