Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Mengadakan KKN Tematik di Blitar

Blitar-menaramadinah.com-Perekonomian merupakan hal yang penting bagi suatu daerah. Kondisi perekonomian yang ada di suatu daerah merupakan cerminan dari kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. Hal ini mendorong untuk dilaksanakannya pembangunan ekonomi daerah.

Dalam melakukan pembangunan ekonomi daerah, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada di suatu daerah.

Ekonomi kreatif merupakan penggabungan dari penerapan ide unik yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan ekonomi. Hal ini terbukti menjadi salah satu sektor yang berpengaruh dalam meningkatkan perekonomian suatu daerah.

Agar ekonomi kreatif dapat berkembang, perlu didukung oleh beberapa faktor seperti kreativitas, teknologi maju, SDM berkualitas, akses komunikasi dan akses media sosial. Sayangnya, tidak semua daerah yang memiliki potensi ekonomi kreatif didukung oleh beberapa faktor tersebut.

Berangkat dari hal ini UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan kegiatan KKN Tematik sebagai wadah bagi mahasiswanya untuk mengimplementasikan pendidikan mereka dengan berkontribusi langsung kepada masyarakat dan menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Pada Kamis 16 Maret 2023 kemarin, kelompok 23 yang ditempatkan untuk melaksanakan kegiatan KKN Tematik di kelurahan Bendo melakukan pemberangkatan KKN di kelurahan Bendo.

” Kelurahan Bendo memiliki 4 produk usaha unggulan yaitu Jahe Merah, Budidaya Ikan Koi, Kerupuk Kedelai, dan Kerupuk Rengginang,” Ujar Yuni, Lurah dari Kelurahan Bendo, Kamis (16/3/2023)

Kelurahan Bendo menerima kehadiran mahasiswa KKN dengan baik dan berharap adanya sinergi antara Mahasiswa dengan warga kelurahan Bendo dalam mengembangkan potensi Wirausaha dan Ekonomi Kreatif di kelurahan Bendo. Kelurahan Bendo juga siap membantu mahasiswa KKN dalam melaksanakan kegiatan program kerja yang akan diselenggarakan dengan saling adanya koordinasi secara teratur.

Husnu Mufid