Profesional Dan Totalitas Dalam Mengelola Jasa Keuangan.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Analisa agunan, menentukan kelangsungan usaha jasa keuangan.Hal ini di sampaikan penulis yang juga selaku mantan sekretaris dewan koperasi kabupaten blitar sekaligus pembina di banyak koperasi di sore hari ini.

Rasa keterkejutannya yang bak di sambar petir ketika mendapati masukan terkait kondisi koperasi yang di pandangnya sangat kuat,ternyata terlilit hutang besar.

Sebuah kegiatan usaha simpan pinjam bisa jatuh meninbulkan dugaan yang di perkirakan permasalahannya bisa terjadi mungkin faktor, pinjaman tanpa jaminan,atau jaminan tidak sebanding besarnya dengan dana yang di berikan.

Hal akan menjadi lain manakala ketelitian tim survay,serius dalam pendalaman kekuatan usaha termasuk kekuatan bayar setiap bulannya.

Lain dari pada itu,yang tidak kalah pentingnya nilai jaminan dengan pinjaman harus di bawahnya nilai jaminan yang di berikan,syukur maksimal separo dari nilai jaminan.

Parameter terakhir ini apabila betul betul di jalankan dengan penuh keseriusan,profesinal dan amanah,tidak ada critanya akan bangkrut. Bagaimana tanggapan anda.?