LAKUKAN AKTIVITAS FISIK WALAUPUN SEBENTAR

Oleh : Sunanto.
MAHASISWA S3 DIKDAS
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA.

Fiona C Bull hasiL penelitiannya ditujukan untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, orang lanjut usia dan mencakup rekomendasi khusus baru untuk wanita hamil dan pasca melahirkan serta orang yang hidup dengan kondisi kronis atau disabilitas.

 

Semua orang dewasa harus melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 15-300 menit, atau aktivitas fisik intensitas tinggi selama 75-150 menit, atau kombinasi setara aktivitas fisik aerobik intensitas sedang dan intensitas tinggi, per minggu.

Di antara anak-anak dan remaja, rata-rata aktivitas fisik aerobik intensitas sedang hingga berat selama 60 menit/hari dalam seminggu memberikan manfaat kesehatan.

Pedoman tersebut merekomendasikan aktivitas penguatan otot secara teratur untuk semua kelompok umur. Selain itu, pengurangan perilaku menetap direkomendasikan untuk semua kelompok umur dan kemampuan, meskipun bukti tidak cukup untuk mengukur ambang batas perilaku menetap.

Berdasarkan temuan tersebut. WHO tahun 2020 ini memperbarui rekomendasi WHO sebelumnya yang dirilis pada tahun 2010. Pedoman ini menegaskan kembali pesan bahwa beberapa aktivitas fisik lebih baik dari pada tidak sama sekali, bahwa lebih banyak aktivitas fisik lebih baik untuk hasil kesehatan yang optimal dan memberikan rekomendasi baru untuk mengurangi perilaku sedentary.

Pedoman ini menyoroti pentingnya melakukan aktivitas aerobik dan penguatan otot secara teratur dan untuk pertama kalinya, terdapat rekomendasi khusus untuk populasi tertentu termasuk wanita hamil dan pasca melahirkan serta orang yang hidup dengan kondisi kronis atau disabilitas.

Pedoman ini harus digunakan untuk menginformasikan kebijakan kesehatan nasional yang selaras dengan Rencana Aksi Global WHO tentang Aktivitas Fisik 2018-2030 dan untuk memperkuat sistem pengawasan yang produktif kemajuan menuju target nasional dan global.

Yang perlu dilawan disini adalah kemalasan, untuk memberikan kesadaran pada diri kita begitu pentingnya aktivitas gerak walaupun sebentar. Begitu pentingnya menjaga Kesehatan tubuh dengan melakukan aktivitas gerak menuju manusia yang bugar dan bisa bertahan hidup cukup lama. Ayoo gerak walapun berjalan….!!!