“Pada penerimaan formulir berkas pendaftaran tercatat ada enam bakal calon rektor yang sudah mengembalikan formulir 15 September 2023 kemarin. Mereka telah memenuhi syarat,” jelasnya.

Adapun 6 bakal calon rektor itu adalah Dr Moh  Na’im dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr Ika Barokah Suryaningsih dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr Kahar Muzakar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof Sri Hernawati dari Fakultas Kedokteran Gigi, Dr Dewi Junita Koesoemawati dari Fakultas Teknik dan petahana Dr Iwan Taruna dari Fakultas Teknologi Pertanian.

Berkas 6 Bakal Calon Rektor  yang masuk akan dilakukan verifikasi mulai 18 sampai 22 September 2023 dan hasilnya dilaporkan oleh Panitia Kerja Penjaringan Bakal Calon Rektor dalam Rapat Pleno Senat Universitas Jember pada 25 September 2023.

Dalam hal ini banyak mahasiswa, masyarakat, alumni Unej dan dosen minta agar pemilihan rektor Unej penentuan bukan dari Pemerintah atau Kemendikbud. Mengingat beberapa tahun lalu. Suara Kemendikbud yang banyak dan menentukan. Sehingga menang suara di Senat. Tapi kalah saat Kemendikbud ikut memilih

Husnu Mufid

Dalam tahapan penjaringan dilakukan pembentukan panitia, pengumuman penjaringan, pendaftaran bakal calon, seleksi administrasi dan pengumuman hasil penjaringan.

Selanjutnya akan dilakukan tahap penyaringan yang meliputi penyampaian visi, misi, dan program kerja bakal calon di hadapan rapat senat terbuka, kemudian dilakukan penilaian dan penetapan tiga calon rektor oleh Senat dalam rapat Senat tertutup.

Ketiga calon yang ditetapkan oleh Senat Universitas Jember selanjutnya di sampaikan kepada menteri paling lambat satu bulan sebelum pelaksanaan pemilihan. Pemilihan sudah harus dilaksanakan paling lambat dua minggu sebelum berakhirnya masa jabatan rektor saat ini berakhir.

Pemilihan dilakukan dalam rapat Senat tertutup yang dilaksanakan oleh Senat Bersama Menteri karena Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai hak suara 35 persen dan suara anggota senat sebesar 65 persen dalam pemilihan rektor.