Sosialisasi Kewirausahaan dan Praktik Pembuatan Kerajinan Tangan oleh Kelompok 24 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur di SDN 2 Kauman

Blitar-Menaramadina.com Salah satu implementasi program kerja di bidang kewirausahaan oleh mahasiswa KKN Kelompok 24 UPN Veteran Jawa Timur yaitu kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan dan Praktik Pembuatan Kerajinan Tangan di SDN 2 Kauman. Pelatihan ini diikuti oleh kelas 1 sampai 6.

Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 8-11 Mei 2023. Adapun materi yang diberikan meliputi pengertian kewirausahaan, manfaat wirausaha, ciri wirausaha, dan contoh dari kewirausahaan. Tujuan dari pemberian materi ini yaitu dengan menanamkan jiwa wirausaha sejak dini diharapkan para siswa SDN 2 Kauman dapat menciptakan berbagai ide kreatif dan inovatif, serta kritis dalam melihat sebuah peluang untuk memulai sebuah wirausaha. Pada kegiatan ini tidak hanya pemberian materi saja tetapi juga praktik secara langsung mengenai produk yang memiliki peluang kewirausahaan. Adapun produknya yaitu kerajinan tangan berupa manik-manik dan batik jumputan. Ibu Nanik selaku Kepala Sekolah SDN 2 Kauman merespon kegiatan ini secara positif, beliau mengatakan “Kegiatan ini merupakan hal yang baru bagi para siswanya, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini siswa SDN 2 Kauman mendapatkan pelajaran serta pengalaman yang berguna untuk kedepannya”.

Pembuatan kerajinan dari manik-manik dilakukan oleh siswa kelas 1 sampai 3, pada kesempatan ini para siswa dibebaskan untuk membuat kerajinan berupa gelang atau cincin yang nantinya memiliki nilai jual, sedangkan untuk kelas 4-5 yaitu melakukan aktivitas pembuatan batik jumputan dengan teknik ikat yang nantinya dijadikan sebagai taplak meja tetapi tetap memiliki nilai jual. Langkah pertama dari pembuatan batik jumputan ini yaitu siapkan kain katun berwarna putih, beserta pewarna wantex yang dilarutkan dengan air dan diisi pada botol kosong. Selanjutnya lipat kain sesuai dengan motif yang diinginkan lalu diikat. Siram kain dengan pewarna yang telah disiapkan dan diamkan selama 30 menit sampai warna meresap. Apabila sudah 30 menit, lepas ikatan pada kain dan jemur kain dibawah sinar matahari.

Setelah melakukan kegiatan produksi produk manik-manik dan batik jumputan, kegiatan selanjutnya yaitu setiap kelas melakukan pameran produk yang telah dibuat dimana pada kegiatan ini para guru akan menilai hasil kerajinan tangan dari para siswanya. Kegiatan pameran ini juga berguna untuk mendapatkan apresiasi dari banyak orang atas karya yang telah dibuat oleh para siswa.

Husnu Mufid