Study Kelayaan Usaha Memegang Peranan Yang Sangat Penting.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Study kelayaan usaha,prioritas utama dalam pengambilan keputusan.Hal ini di sampaikan penulis yang juga selaku wakil ketua asosiasi pengusaha Indonesia,Kabupaten Blitar usai menjalankan sholat duhur berjama,ah di siang hari ini.

Model survay yang falid demi kelancaran usaha betul betul menjadi perhatian bagi para pelaku usaha,agar di capai hasil yang maksimal.sering kita dengar bersama hanya karena mempunyai nilai ekonomis tinggi,peningkatan penyerapan tenaga kerja beserta hidupnya wilayah di kawasan tersenbut nantinya,terkadang tidak terfikirkan faktor pendukung yang di mungkinkan akan membuat terjadinya gejolak.

Berdirinya sebuah pabrik yang bahan baku utamanya memerlukan ketercukupan bahan baku yang luar biasa besar terkadang tidak terfikirkan tentang kelayaan jalan yang ada termasuk kekuatan jembatan yang ikut di lalui oleh armada yang jumlah muatan besar dan terus menerus melalui jalan dan jembatan yang ada.

Koordinasi dengan dinas terkait mutlak adanya,apalagi dalam pengurusan ijin pendirian bangunan pasti melibatkan banyak dinas terkait untuk mengadakan tinjauan lapangan,yang seharusnya tidak hanya melihat dari dekat lokasi pabrik yang akan didirikan,tetapi harus bisa terpantau juga akses jalan yang akan di lalui.

Keuntungan ekonomi yang tinggi, jangan lantas menafikkan ikutan dari sirkulasi proses hasil dengan tidak mengindahkan kondisi lalu lintas yang di mungkinkan menjadi kendala yang tidak bisa di anggap remeh terhadap dampak sosialnya. Bagaimana tanggapan anda.?