Lomba Ekspresi JemberSAE tak Hanya Digandrungi Masyarakat Jember

 

JEMBER – menaramadinah.com-Lomba Ekspresi Jember SAE sesi ke 3 yang diinisiasi oleh Polres Jember dan Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Bahkan, lomba ini tidak hanya digandrungi oleh masyarakat Jember saja, melainkan dari seluruh penjuru tanah air. Meskipun awalnya ajang untuk masyarakat Jember, namun kini layaknya ajang lomba Nasional.

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, S.I.K., M.H. dalam sambutan di malam penganugerahan Lomba Eekspresi Jembersae sesi ke-3 Sabtu malam (24/04/2021) di Aula Rupatama Mapolres Jember, mengatakan pada sesi ke-3 ini memang peserta dari segi jumlah menurun dari sebelumnya. Tapi secara kualitas jauh lebih baik dari periode sebelumnya.

“Dan ternyata bukan hanya dari jember yang mengikuti lomba JemberSAE, melainkan dari beberapa daerah di luar dari Pulau Jawa. Target kita memang ingin memperkenalkan Kabupaten Jember keluar Provinsi Jawa timur. Alhamdulillah mulai tercapai,” ungkapnya. Dirinya memang ingin terus mendorong Kabupaten Jember mendapatkan nama baik di luar, dan kini mulai terasa.

Ketua Panitia Lomba Ekspresi JemberSae Didik Suharijadi, S.S.,M.A. mengakui tak sedikit atensi pelaksanaan JemberSAE. Dan memang terus memperluas jangkauannya. Dirinya kemudian mengatakan, topik yang diusung pada periode ini terdiri atas 2 topik yang di antaranya Lingkungan Bagian Penting dari Kehidupanku dan Pemanfaatan Pembayaran Nontunai untuk Usaha Kreatif Berbasis Lingkungan.

“Awalnya kami sempat ketir-ketir, kira-kira masyarakat Jember mampu tidak dengan tema yang agak berat ini, dan ternyata di detik terakhir banyak juga yang menampakkan kemauan untuk belajar,” ucap Didik. Dia menjelaskan untuk jumlah peserta lomba pada sesi ke-3 ini sebanyak 146 peserta. Pihaknya juga mengaku bangga pada masyarakat Jember. Pasalnya, di tengah hiruk-pikuk masyarakat mempersiapkan pendidikan putra-putrinya, masih bisa menyempatkan diri untuk ikut berpartisipasi menggaungkan citra Jember Hebat.

Hal senada juga di sampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM. Dalam sambutanya ia mengatakan, hal-hal yang positif di Kabupaten Jember harus terus didorong. Dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah diinisiasi oleh Kapolres Jember untuk membangun citra jember lebih baik.

“Tentunya (JemberSAE) menjadi media bagi masyarakat Jember untuk berekspresi, tentunya ekspresi yang positif yang bisa membawa kebaikan Saya yakin apa yang di inisiasi oleh Kapolres Jember ini bukan semata-mata untuk menutup atau menghentikan kekritisan masyarakat Jember,” Jelasnya. Menurutnya hal-hal yang baik perlu diangkat dan hal-hal yang buruk perlu dikritisi. Kekritisan adalah hal yang wajar jika ingin Jember lebih baik.

Turut hadir dalam acara malam penganugerahan Lomba Ekspresi JemberSAE Sesi ke-3 sekaligus menyerahkan hadiah secara simbolis Kapolres Jember, AKBP. Arif Rachman Arifin, S.I.K., M.H., Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM, Perwakilan Kepala OJK Jember, PLT Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember dan Bupati Jember yang diwakili H. M.Rofi’i.

Panitia JemberSAE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *