Loka Pom Jember Melakukan Pengawasan Takjil Yang Dijajakan Masyarakat di Sekitar Kampus UJ.

Jember, 24 april 2021-menara madinah .com
Loka Pom Jember melakukan pengawasan Takjil Pengawasann Takjil Ramadhan tahun 2021 ini mendapat perhatian khusus dari Loka POM Jember terutama dalam menjalankan tugas Loka POM melaksanakan edukasi Keamanan Pangan yang dilakukan para penjual makanan tradisional/takjil yang marak terjadi di kampung kampung dan seputaran Kampus Tegal Boto Jember.

Salah satu edukasi yang perlu mendapat perhatian diantaranya tentang Tips menjual Pangan yang Aman di Tengah Pandemi Covid-19 .

Hal tersebut di ungkapkan Yoadi Setiadi Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli pertama staf pemeriksaan Loka POM Jember kepada mejara madinah 23 april 2021.

Loka POM Jember yang wilayahnya 5 kabupaten yaitu jember Banyuwangi situbondo Bondowoso dan Lumajang itu terus berupaya menghimbau masyarakat khususunya penjual jajajanan tetap menggunakan APD berupa masker, sarung tangan serta menerapkan higiene personal.

Yodi Setiadi Loka POM Jember menambahkan selain pedagang dan pembeli harus tetap mengikuti aturan pemerintah memakai masker, jaga kebersihan, jaga kesehatan, juga dapat memastikan konsumsi pangan aman dan bergizi dan jaga stamina/imunitas tubuh.

Menyinggung tentang kewenangan Loka POM Jember diantaranya melakukan Pengawasan Obat dan makanan serta menerbitkan izin edar produk dan sertifikat sesuai dengan standar dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat dan mutu, serta pengujian obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta berhak memberikan sanksi administratif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Yodi setiadi berharap dalam menjajakan makanan dan minuman para pedagang memastikan tidak menggunakan bahanc pengawet atau pewarna yang membahayakan konsumen.tuturnya. (Sta)