MBAH SARIKEM, USIA 110 TAHUN, MANUSIA TERTUA DI SRAGEN.

Mbah Sarikem, warga Dukuh Lemah Ireng RT 005, Kebayanan Putat Sewu, Desa Jatitengah, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah merupakan wanita tertua Sragen. Usianya sudah 110 tahun alias 1,1 abad.

Berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen, Sarikem lahir di Sragen pada 5 Februari 1910 silam. Dari catatan Dispendukcapil yang kemudian diverifikasi BPS, maka Sarikem sementara menjadi orang tertua di Kabupaten Sragen dengan umur 110 tahun

Sarikem didatangi Kepala Badan Pusat Statustik (BPS) Sragen Toga Hamonangan didampingi Koordinator Sensus Kecamatan Sukodono Juli Kusmanto, Senin (21/9/2020). Kepala Desa Jatitengah, Sadi, bersama perangkat desa lain dan ketua RT setempat sudah berada di sebuah rumah yang dihuni Sarikem dengan anak dan menantunya, pasangan Sasmo Pawiro, 77, dan Kamsinah, 76, beserta anak mereka.

Sarikem duduk di amben kayu yang juga menjadi tempat tidurnya. Di depan amben terdapat meja bundar berisi minuman dan makanan ringan. Kades Jatitengah Sadi sempat berbicara dengan Sarikem. Suara Sadi harus keras seperti orang berteriak dan menempel di telinga Sarikem sebelah kiri.

Hanya dengan suara keras wanita tertua di Sragen itu baru bisa mendengar. Terkadang pertc anyaan yang disampaikan Sadi mendapat jawaban yang tidak nyambung alias slenco .
Maklum saja, usia setua itu semua panca inderanya tentu mengalami penurunan responsibility.
Bersyukurnya, Penglihatan. Penciuman, dan pengunyah ( gjgi) Mbah putri inj masih berfungsi , sehingga masih bisa menikmati enaknya gurihnya makanan dan segernya teh hangat manis.

SamsulHadi/ Solopos/ MenaraMadinah.Com