Mbolang Ngangsu Kaweruh Delima

 

Di makam Sunan Bungkul inilah yg telah menjawab mimpiku ketika diberi buah Delima pada sa’at itu. Berikut ini perjalanan Efendi Umat menjawab mimpi.

Dan didalam kompleks Makam ini memang betul ada buah Delima yg mengantarkan kanjeng Sunan Giri mempersunting Dewi Wardah salah satu putri mbah Bungkul menjadi pendamping hidupnya di Giri Kedaton.

Dan ternyata Buah Delima adalah buah kesukaan Rasulullah SAW dan disyurgapun keberadaannya tertulis jelas

Dalam Alquran surat Ar-Rahman disebutkan bahwa delima termasuk buah yang memiliki khasiat atau manfaat untuk kesehatan dan pengobatan.

“Di dalamnya (surga) ada buah-buahan, pepohonan kurma dan delima,” (QS. Ar-Rahman: 68).

Buah delima yang memiliki nama latin Punica granatum ini ternyata masuk salah satu buah dengan kandungan gizi paling tinggi. Wajar saja manfaat buah delima bagi kesehatan sangat banyak.

Secara lahiriyah Manfaat buah delima bagi kesehatan benar-benar ada karena memiliki antioksidan Punicalagin yang kekuatannya tiga kali lipat melebihi anggur merah dan teh hijau.

Secara Spiritual buah Delima secara pribadi mempunyai makna yg tersirat D-Lima atau sebutan dari surat Al ikhlas.
Yg menjawab tentang ke Tauhidan
( menegaskan keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya)

Asbabun Nuzul ;
Ketika suroqoh menghunuskan pedangnya, maka dia berkata” Wahai Muhammad beritahukah kepadaku tentang tuhanmu. Bagaimana dia mempunya kekuatan seperti ini, apakah tuhanmu terbuat dari perak dan emas?

Nabi Muhammad menundukkan kepalanya. Maka turunlah surat Al-Ikhlas sebagai jawaban apa yang ditanyakan suroqoh. Setelah malaikat jibril membawa wahyu dari Allah.

.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

qul huwallāhu aḥaD

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

allāhuṣ-ṣamaD

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

lam yalid wa lam yụlaD

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

wa lam yakul lahụ kufuwan aḥaD

Dengan Buah Delima ini akhirnya saya bisa istiqomah dan menjaga budaya kearifan lokal yg penuh makna dan bisa mengambil HikmahNya disetiap perjalanan.

#ojok Kemeruh urip iki mending Podo Kaweruhan.