Mengenal Situs Semen Istana Kerajaan Kediri

METALHEAD dan PARA SPIRITUAL
Kediri-menara madinah.com-Lokasi Situs Semen berada di Ds. Semen, Kec. Pagu, Kab. Kediri. Terdapat kumpulan artefak dari area sawah di Desa Semen yang lokasinya berada di pinggir sungai Semen. *Temuan Arkeologis
1. Struktur Bangunan
Adapun kondisi struktur bangunan di Situs Semen yang telah terkuak sangat memperihatinkan. Struktur bangunan kuno telah hancur karena batu-batanya telah di bongkar dan terkena bajak untuk kegiatan pertanian masyarakat.
2. Dua buah Jaladwara berbentuk Singa
Dua Jaladwara berbentuk kepala singa ini terbuat dari batu kuarsa putih. Sekarang posisinya dikumpulkan bersama beberapa temuan artefak Situs Semen, di tepi Sungai Semen.
3. Arca Wisnu naik Garuda
Arca Wisnu ini terbuat dari batu kuarsa putih, dan dikumpulkan pula bersama Jaladwara berbentuk kepala Singa.
4. Yoni
Yoni yang ditemukan pada akhir tahun 2013 ini merupakan hasil penggalian para kuli pengangkut pasir/tanah di area sawah utara kumpulan artefak Situs Semen. Yoni ini ditemukan beserta struktur bangunan batu bata merah. Namun sayang struktur bangunan tersebut terbongkar penggali tanah dan bajak masyarakat untuk area pertanian.
*Penelusuran Sejarah
Knebel (1908) melaporkan adanya temuan Wadah Air (Jambangan) berinskripsi angka Tahun 1119 Saka di Desa Semen. Ada pula Prasasti batu tinggi 01, 17 m, lebar 0. 70, ketebalan 0,2 M, ditulis pada bagian depan, belakang dan samping. Namun sayang kedua artefak sumber sejarah tersebut kini belum dapat ditemukan kembali. Uniknya angka tahun pada Wadah air menunjukkan angka tahun yang sama dengan Prasasti Palah (Prasasti di Candi Penataran), dimana waktu itu adalah masa pemerintahan Raja Krtajaya. Dengan adanya laporan ini maka dengan jelas bahwa Situs Semen telah ada semenjak Jaman Kerajaan Kadhiri berjaya (TJK)

Doni WJ

KORESPONDEN MM.com