Budaya Ngopi di Warung Kopi

Budaya Ngopi.

Budaya ngopi tidak dipungkiri sudah menjamur di setiap lini masyarakat Indonesia. Hal ini memunculkan ide-ide kreatif untuk berlomba menciptakan warung kopi baik dari golongan tua, muda maupun mudi.

Dinamika warung kopi cukup menarik jika di amati, mulai dari warung kecil-kecil di pinggir jalan hingga warung kopi dengan konsep cafe harga kaki lima(seperti yang saya tempati kali ini). Warung kopi bisa di temui dimana-mana seiring dengan kebutuhan ngopi masa kini.

Pada akhirnya kebutuhan ngopi tidak hanya di nikmati oleh golongan tua namun juga golongan muda, lebih-lebih pada mereka yang sedang proses studi, Ngopi menjadi teman sejati tiap kali tugas menghampiri.

Setiap orang ngopi mempunyai tujuan masing-masing, entah mengapa banyak permasalahan berat hingga ringan terseleseikan ketika ngopi. Setiap orang ngopi mempunyai ekspresi berbeda-beda ada yang ngobrol serius terkait masalah Indonesia sekarang, ada yang duduk santai dengan hpnya, ada yang bercanda kesana kemari, ada yg rapat membahas kegiatannya msing-masing dan masih banyak hal lagi yang bisa teliti dari kebiasaan ngopi.

Totok Budiantoro

Koresponden MM.com