Ratusan Mahasiswa Menunjungi Kampung Wisata Panjunan

Kota Cirebon – menaramadinah.com-Kota Cirebon merencanakan membuat destinasi wisata baru yang diantaranya wisata kampung arab panjunan, lokasi tersebut mencangkup Rw 04 Pesayangan Rw 05 Kenduruan dan Rw 08 Panjunan Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk. Oleh sebab itu daerah tersebut sudah sering dikunjungi para wisatawan luar maupun dalam kota Cirebon, seperti halnya untuk hari ini (Jumat 17 Mei 2024) hampir 500 mahasiswa dari UPI Bandung dan IAIN Cirebon berkunjung di kampung tersebut diantara lokasi yang dikunjungi seperti Situs Makam Pangeran Pekarungan dan Masjid Merah Panjunan, namun sebelumnya para mahasiswa melakukan audiens bersama warga setempat.

Tampak hadir juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, beliau menjelaskan destinasi wisata Kampung Arab di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk akan segera terealisasi tahun ini.

“Saat ini sudah memasuki persiapan pengadaan barang dan jasa. Kami sudah melakukan pemetaan di lapangan untuk proses pembangunan Kampung Wisata Arab ini,” paparnya, Jumat (18 Mei 2024).

Durasi pekerjaan diperkirakan berjalan tiga bulan. Penataan Kampung
Wisata Arab Panjunan dibangun dengan dana dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp3,5 miliar.

Daerah Panjunan selama ini dikenal sebagai tempat tinggal komunitas
keturunan Arab di Kota Cirebon. Kondisi ini menjadi daya tarik hingga
akhirnya tercetus untuk dijadikan sebagai lokasi kampung wisata Arab.

“Kita akan aktifkan lagi workshop untuk gerabah. Karena cikal bakalnya gerabah di Cirebon itu dari Panjunan,” tambah Agus.

Keberadaan Kampung Wisata Arab akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon. Keberadaannya akan menambah destinasi lokasi wisata berbasis budaya di Kota Cirebon. (hsn)