LSM GMBI KSM BIRINGKANAYA MAKASSAR BANGKIT MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT BAWAH.

MenaraMadinah.Com-Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia ( LSM GMBI) Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM) Kecamatan Biringkanaya Makassar Sulawesi Selatan, menggelar Rapat Pengurus di Sekretariat Alternatif Jalan Pajjaiyang Sudiang , dengan Agenda Perombakan Pengurus dan Optimalisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Bawah.

Lembaga swadaya ini telah berkiorah di masyarakat hampir setahun , dengan berbagai program sesuai seksi yang ada.
Program Pemberdayaan Masyarakat Bawah itu tercermin dalam seksi seksi antara lain, Seksi Humas, Litigasi, Non Litigasi, Investigasi, Ekonomi, LitBang, Pemberdayaan Wanita, Sosial Budaya, Keagamaan dan Keamanan.

Optimalisasi program mulai menjadi perhatian pengurus ini, mengingat beberapa bagian belum bisa berjalan normal akibat kesibukan kerja masing masing pengurus. Ketua KSM Biringkanaya H Hasan Basri Mengatakan, lembaga ini berkomitmen membela masyarakat bawah yang terdholimi, menjadi bagian yang mengedukasi masyarakat untuk sadar akan peran fungsinya dalam pembangunan.

Lembaga ini bergerak menjadi pengawas sekaligus pengontrol pembangunan, sesuai dengan AD/ ART , Tupoksi serta rujukan konstitusi berkait dengan adanya peran fungsi LSM. Kami berkeinginan, lembaga ini bersinergi dengan Trias Politika di Kecamatan Biringkanaya, baik pejabat Camat, Kapolsek, Dandim serta Stakeholders mitra lainnya termasuk perusahaan dan ormas lain. Susunan Pengurus sesuai hasil rapat tanggal 27 Oktober 2019 adalah sebagai berikut:
Ketua H Hasan Basri, Sekretaris Harey Kiswah, Bendahara H Baharuddin, Kasi Humas Samsul Hadi SH, Litigasi Andi Masaguni SH, Non Litigasi Ariyanto, Investigasi Faisal, Ekonomi Danial, Pemberdayaan Wanita H Hawiyah, Litbang Agus Salim, Sosial Budaya Suliyah SE, Keagamaan Nasrullah dan Keamanan Ahmad Jama’. Setiap seksi diharapkan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai Pegangan Operasional dan Job duscrubtion lembaga. LSM GMBI adalah lembaga swadaya resmi teregistrasi di KeMenKumHam RI serta terdaftar di Kesbangpol pusat hingga daerah. Lembaga ini berpusat di Bandung berkedudukan sebagai DPP ( Dewan Pimpinan Pusat) , Wilter ditingkat Propinsi, Distrik ditingkat Kabupaten Kota, KSM ditingkat Kecamatan serta Pokja ditingkat Kelurahan/ Desa.

LSM GMBI yang berbasis Ormas ini selalu aktif melakukan pendampingan bagi masyarakat yang merasa tertindas khususnya secara hukum , baik melalui persuasif mediasi non litigasi maupun melalui jalur hukum litigasi. LSM GMBI Berlogo Garuda Pancasila dengan tulisan tegas, Bela Negara. Selain itu lembaga ini berprinsip Sekali melangkah Pantang Mundur, GMBI sampai Mati, NKRI Harga Mati. Bravo GMBI. ( SamsulHadi/ MenaraMadinah.Com)