Inilah 5 Saksi Kunci yang Bisa Menjawab Soal Kelahiran Bung Karno

Keluarga besar Bung Karno Kediri ungkapkan lima sosok saksi kunci yang mengetahui tentang kelahiran Soekarno. Hal ini disampaikan secara terbuka pada malam Haul Bung Karno di Situs dalam pojok Persada Soekarno Kediri Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri.

“Kita sudah sampaikan secara terbuka kepada dalam sarasehan umum pada Haul Bung Karno kemarin,” aku RM. Kushartono Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Kediri. Rabu (26/06/2024).

Lima Saksi kunci itu adalah pertama Ibunda yang melahirkan, kedua ayah kandungnya, tiga orang yang bantu persalinan, empat orang yang mengubur ari-ari dan terakhir orang yang ikut selamatan sepasaran saat bayi Soekarno berusia lima hari.

Kus mengatakan, kiranya selama belum tahu siapa lima orang tersebut, tentu akan kesulitan untuk menjawab kapan dan dimana Soekarno dilahirkan.

Dokumen tulisan tangan Raden Soekeni dan Beselit perpindahan beliau ke Ploso pada 28 Desember 1901 memang menjadi data primer yang penting. Dan lima saksi kunci ini memperkuat karena selaras dengan dokumen tersebut.

“Pertama adalah Ibudan Ida Ayu Nyoman Rai Srimben Ibu yang melahirkan, Kedua Raden Soekeni ayah kandung Bung Karno, ketiga Kek Suro atau Kyai Mas Surosentono orang yang nampani (membantu persalinan) bayi Soekarno, keempat Soemojani orang yang mendem ari-ari dan kelima Soemodihatdjo yang menjenguk waktu bayi Soekarno berusia 5 hari atau selametan sepasaran. Saat kami paparkan sosok ini keluarga Singaraja Bali tambah yakin kalau Bung Karno lahir 1902 di Ploso,” papar Pria yang juga Ketua Departemen Pendidikan Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia ini.* Surya