Mahasiswa UNEJ Borong 7 Mendali dala Kejuaraan Karate Jember Open Championship 2024

Jember, 24 Juni 2024-Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga (UKMO) Karate Universitas Jember (UNEJ) berhasil membawa pulang 7 medali di ajang kejuaraan Karate Jember Open Championship (JOC) yang diadakan di GOR PKPSO Jember selama 3 hari (31 Mei – 2 Juni 2024).

Keikutsertaan UKMO INCOM UNEJ dalam kompetisi bergengsi tahunan cabang olahraga (cabor) karate ini bukan sekedar coba-coba. Ketua umum UKMO INCOM Mariyatul Qiptiyah mengutarakan bahwa persiapan untuk ajang kejuaraan ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, “Sejauh ini UKMO INCOM selalu update mengenai event karate yang diadakan, sehingga dalam kejuaraan JOC UKMO INCOM UNEJ memang sudah merencanakan untuk ikut dan melakukan persiapan yang matang.” ungkap Mariyatul.

Kejuaraan ini mempertandingkan berbagai kelompok kategori dan kelas seperti kelompok pra usia dini, pemula, junior, senior, dan masih banyak lagi dengan 2 kategori lomba yaitu Festival dan Open.

Di bawah pelatihan Baihaqi Samsul Arifin yang juga merupakan anggota Inkai Kabupaten Jember, tim UKMO INCOM UNEJ berhasil menyabet 7 kejuaraan yang terdiri dari juara 2 Kumite Beregu Open Under-Senior Putri, Juara 1 Kumite Perorangan Festival -50kg mahasiswa dan umum, Juara 1 Kumite Perorangan Festival Mahasiswa dan Umum -61kg, Juara 3 Kumite Perorangan -50kg Open, Juara 1 Kata Perorangan Festival Mahasiswa dan Umum Putra, Juara 2 Kumite Bebas Mahasiswa dan Umum Putri, Juara 2 Kumite Perorangan Festival -55kg Mahasiswa dan Umum Putra.

Dalam persiapannya menghadapi Kejuaraan Karate Jember Open Championship, Ketua Umum UKMO INCOM UNEJ mengungkapkan bahwa ia dan timnya benar-benar mempersiapkan dengan matang, “Memang kami sudah aktif berlatih sejak bulan Maret untuk mengikuti event ini, latihan dilakukan secara rutin hari Senin dan Rabu, tetapi untuk atlet yang mengikuti kejuaraan terdapat tambahan latihan yaitu di hari Selasa dan Jumat.” jelasnya.

Selain semangat dan kerja keras, dukungan dari Universitas juga menjadi penyemangat UKMO INCOM UNEJ dalam bertanding. Para atlet bangga atas pencapaian yang telah mereka dapatkan dari usaha latihan yang selama ini dilakukan, dan berusaha untuk terus lebih baik kedepannya.

“Harapan kedepannya UKMO INCOM UNEJ dapat terus mencetak atlet-atlet baru dan dapat mengukir prestasi di event-event selanjutnya.” tutup Mariyatul. (nil)