Universitas Jember Dorong Pusat Studi Gender Wujudkan Kampus yang Inklusif dan Adil

 

Jember, 24 Juni 2024′-Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke IV Pusat Studi Gender (PSG) Universitas Jember (UNEJ) akan menyelenggarakan acara “Kampus Responsif Gender Award” yang bertujuan untuk mengapresiasi dan mendorong unit kerja di lingkungan Universitas Jember agar lebih responsif terhadap isu gender.

Kegiatan ini akan nantinya ada empat tahap dan diakhiri dengan pengumuman pemenang di malam puncak Dies Natalis Universitas Jember pada bulan November 2024 nanti. Hal ini diungkapkan jelas Dr. Linda Dwi Eriyanti Koordinator Pusat Studi Gender Universitas Jember seusai rapat koordinasi pelaksanaan teknis di Ruang Rapat PSG lantai 5 gedung CRIST Universitas Jember (24/06/2024).

“Tahap pertama kegiatan ini diawali dengan workshop penentuan kriteria penilaian yang diadakan pada bulan Juni. Workshop ini akan melibatkan narasumber dari Komnas Perempuan untuk memberikan pandangan dan standar yang relevan dalam evaluasi responsivitas gender di lingkungan universitas,” katanya.

Lebih lanjut ia juga memaparkan, pada bulan Juli, tahap kedua akan dilaksanakan, yakni sosialisasi kriteria penilaian dan prosedur penilaian kepada seluruh unit kerja di Universitas Jember. Kegiatan ini bertujuan agar setiap unit kerja memahami pentingnya responsivitas gender dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi dalam program ini. Selanjutnya, pada tahap ketiga, akan dilakukan pendampingan kepada masing-masing unit kerja sepanjang bulan Juli hingga Agustus.

Pendampingan ini bertujuan untuk membantu unit kerja dalam mempersiapkan diri menghadapi penilaian, memastikan bahwa setiap unit memahami kriteria dan mampu mengimplementasikannya dengan baik.

“Secara teknis, acara ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai responsivitas gender. Melalui workshop, sosialisasi, dan pendampingan, kami ingin memastikan bahwa setiap unit kerja memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang. Penilaian yang objektif akan menjadi penentu akhir dalam menilai komitmen mereka terhadap isu-isu gender,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember mengatakan, Kegiatan ini merupakan langkah penting bagi Universitas Jember untuk menjadi kampus yang lebih inklusif dan adil. “Dengan adanya ‘Kampus Responsif Gender Award’, kami berharap setiap unit kerja dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesetaraan gender. Program ini tidak hanya sekedar kompetisi, tetapi juga sebuah upaya kolektif untuk perubahan yang lebih baik di lingkungan akademik,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh keluarga besar Universitas Jember berpartisipasi aktif dan mendukung kesuksesan “Kampus Responsif Gender Award” demi terwujudnya lingkungan akademik yang lebih inklusif dan setara. (is)