Efektifitas Penggunaan Media Vilo Intuitive

Oleh : Saefullah Azhari, I.M Jannah, Yahya.Aziz & Aulia Zahroh Prodi PBA FTK UINSA.

Riset penelitian di atas adalah riset kolektif judul lengkapnya :

“Efektifitas Penggunaan Media “Vllo Intuitive” Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengar dan Berbicara Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Surabaya”
RIset ini adalah bimbingan kolektif kepada Aulia Zahiroh yang meneliti tentang penggunaan media “Vilo Intuitive” di prodi PBA FTK UINSA

Peneliti membahas tentang “Efektifitas Penggunaan Media Vllo Intuitive Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengar dan Berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Surabaya”.

Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana maharoh Istima’ wal Kalam pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Surabaya? 2) Bagaimana penggunaan media Vllo Intuitive pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Surabaya? 3) Bagaimana efektivitas penggunaan media Vllo Intuitive Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengar dan Berbicara Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Surabaya?

Peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII-C. Metode data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun untuk menganalisis data peneliti menggunakan simbol shelter dan simbol pembanding.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Media Vllo Intuitive Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengar dan Berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Surabaya. Nilai T table bedasarkan uji t pada ketrampilan mendengar= 7,45.

Adapun nilai T table bedasarkan uji t pada ketrampilan berbicara= 9,13. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Barakallah….semoga bermanfaat…!