Gus Nabil Haroen, Caleg DPR RI 2024 Dapil Jatim X, Target Dongkrak Suara & Satu Kursi PDI Perjuangan

Lamongan, Menara madinah.com.- Kiprah Muchamad Nabil Haroen, S.Sos.I, S.Pd., M.Hum., atau lebih dikenal dengan sapaan akrabnya Gus Nabil yang merupakan anggota DPR RI F-PDI Perjuangan tahun: 2019-2024 kini kembali berjuang di Pileg 2024. Namun ia hijrah dan mengemban tugas dari Organisasi ke Dapil Jatim X Lamongan-Gresik. Sebelumnya, Ketua Umum Pagar Nusa yang juga alumnus santri Ponpes Lirboyo Kediri ini bertugas bersama Puan Maharani di Dapil Jateng V meliputi Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Kota Surakarta.

Bukan menganggap dirinya sebagai “Wong Anyar Katon” saat datang di Dapil Jatim X Lamongan- Gresik, karena ia mengalami pendadaran dan sempat ngangsu kawruh di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Bahwa di Pesantren Lirboyo inilah, Nabil memulai menempa bakatnya sebagai santri kreatif dan tertarik di dunia jurnalistik, yang membuka pintu keterbukaan dalam sisi kehumasan ponpes yang dulunya sangat tertutup.

Dalam silaturahmi dan bincang santai dengan para Jurnalis Lamongan di salah satu Cafe, di Jalan Sunan Giri Lamongan, Senin (27/11/2023) lalu , Gus Nabil memaparkan betapa ia berjuang untuk meyakinkan para pemangku pondok untuk membuka diri dari dunia luar, termasuk pemberitaan. Namun usaha itu tidak sia-sia, ia bisa mengelola majalah resmi terbitan Pondok Pesantren Lirboyo, MISYKAT (Media Informasi Santri dan Masyarakat).

Tidak hanya di dunia jurnalistik pesantren saja, selain menjadi kontributor dan penulis lepas, Gus Nabil juga dipercaya menjadi wartawan dan Pemimpin Redaksi di beberapa media. Seiring pula kepiawaiannya menulis berita atau artikel. Dunia jurnalistik ini yang menjadi jalan Gus Nabil bisa berinteraksi, bersinergi, bekerjasama dengan insan pers sehingga jalinan silaturahmi itu terjaga sampai saat ini.

Sedangkan kiprahnya di organisasi, ia masuk di jajaran pengurus Nahdlatul Ulama mulai dari tingkat cabang hingga tingkat pusat. Status keorganisasian inilah ia banyak berinteraksi, berkomunikasi dan menjalin silaturahmi dengan banyak para kiai dan tokoh-tokoh Islam di negeri ini.

“Khusus, di Jawa Timur, Alhamdulillah justru saya ibarat pulang ke rumah sendiri, daripada dulu saya menjadi wakil rakyat di Jateng, khususnya di Solo Raya. Di sana, saat saya datang, saya tidak kenal siapa-siapa. Lalu saya ingat bahwa sahabat wartawan atau insan pers yang bisa membantu karena silaturahmi yang terjalin sejak di pondok. Tradisi inpun tetap saya jalanjan baik itu di Solo, Jakarta dan kini kita mulai di Lamongan ini,” tuturnya.

Selanjutnya Gus Nabil menjelaskan tugas barunya dari PDI Perjuangan untuk maju sebagai calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jatim X (Lamongan – Gresik). Di Dapil ini, ia akan berkontestasi dengan Caleg incummben seperti Gus Falah, dan Khilmi. Namun dengan rasa optimis, target mendongkrak perolehan suara, sekaligus menambah 1 kursi DPR RI dari Dapil X Jatim itu akan tercapai.

Dari hitungan teknis, bahwa hitungan penambahan satu kursi DPR RI untuk PDI Perjuangan masih terbuka lebar. Bahkan, untuk mendulang lebih banyak suara pemilih di Dapil X Jatim itu bukankah mission impossible. Pengalamannya di Jateng, dengan turun langsung ke masyarakat, maksimalkan silaturahmi door to door maupun melalui relawan sangatlah efektif untuk mendulang suara riil.

Selain modal utama pendukung yakni warga Pagar Nusa karena Gus Nabil merupakan Ketua Umum Pagar Nusa dari tahun 2017 hingga sekarang. Ia terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa pada Kongres III Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, 5 Mei 2017.

Sedangkan dari sisi religi dan spiritual yang juga tidak kalah penting sebagai faktor non teknis adalah doa, sebagaimana diibaratkan Jalur Langit.

“Meski sebagai wakil rakyat, saya adalah sebagai santri yang harus patuh melaksanakan perintah para kiai dan guru-guru kami. Terutama kiai sepuh, salah satunya restu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Sedangkan di organisasi, jelas doa dan restu dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri adalah bagian dari motivasi atau semangat.

Hal yang urgen ini, jangan dilupakan. Bahwa ada usaha dan doa. Restu para kiai dan tokoh pimpinan, Insya Allah menjadi doa yang mustajab, dan energi positif sebagai Jalur langit itu,” tegasnya.

*Biodata Gus Nabil*
Nama : Muchamad Nabil Haroen, S.Sos.I, S.Pd., M.Hum.

Tempat Lahir / Tgl Lahir : Temanggung / 25 Juli 1984

Agama : Islam

Riwayat Pendidikan
SD , SDN Ngadirejo II. Tahun: 1990 – 1996
SMP , SLTP Islam Ngadirejo . Tahun: 1996 – 1999
SMA IPS, SMA Diponegoro Kandat. Tahun: 2001 – 2004
S1 Pendidikan, Univ. Tritunggal Surabaya. Tahun: 2008 – 2012
S2 Islam Nusantara, STAINU Jakarta. Tahun: 2013 – 2015
Riwayat Pekerjaan

PT.NUSANTARA UTAMA GRUP, Sebagai: FOUNDER. Tahun: 2016 – SKRG
PT.LIDO NIRWANA PARAHYANGAN, Sebagai: KOMISARIS. Tahun: 2016 – SKRG
PBNU , Sebagai: KOORSPRI KETUM PBNU. Tahun: 2015 – 2020
PT.PANCA LOGAM MAKMUR, Sebagai: DIREKTUR UTAMA . Tahun: 2013 – 2015
KEMENTETERTINGGAL , Sebagai: TENAGA AHLI. Tahun: 2012 – 2014
STAF AHLI MAJALAH MISYKAT, Sebagai: STAF AHLI. Tahun: 2010 – SKRG
NU ONLINE , Sebagai: REDAKTUR. Tahun: 2010 – 2015
PBNU, Sebagai: STAF AHLI KETUM PBNU. Tahun: 2010 – 2015
MAJALAH MISYKAT LIRBOYO, Sebagai: PIMPINAN REDAKSI. Tahun: 2005 – 2009
Anggota DPR RI F-PDI Perjuangan Tahun: 2019-2024

Riwayat Organisasi

LAJNAH BAHTSUL MASAIL PP.LIRBOYO, Sebagai: SEKRETARIS UMUM. Tahun: 2201 – 2003
PP.PENCAK SILAT PAGAR NUSA, Sebagai: KETUA UMUM. Tahun: 2017 – Sekarang
PP.PENCAK SILAT PAGAR NUSA, Sebagai: SEKRETARIS UMUM. Tahun: 2012 – 2017
DPW AHTRMI JAWA TIMUR, Sebagai: KABID.INFORMASI DAN KOM. Tahun: 2010 – 2015
PC ISTIMEWA NU HONGKONG, Sebagai: MUSTASYAR. Tahun: 2009 – SKRG
PW LTN NU JAWA TIMUR, Sebagai: -. Tahun: 2008 – 2013
PC ISTIMEWA NU TAIWAN , Sebagai: MUSTASYAR. Tahun: 2008 – SKRG
PC LTN NU KOTA KEDIRI, Sebagai: SEKRETARIS . Tahun: 2005 – SKRG
KIMUNIKASI SANTRI TEMANGGUNG, Sebagai: KETUA UMUM . Tahun: 2005 – 2006
MUSYAWARAH KUBRO IV PP.LIRBOYO, Sebagai: SEKRETARIS UMUM. Tahun: 2002 – 2002.
*DANAR SP*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *