Bebas Kresek, Alfamart Bagikan Tas Go Green Gartis di Kediri

KEDIRIl-Perusahaan ritel Alfamart membagikan ratusan tas go green gratis di puluhan toko di Kota Kediri selama dua hari, yakni Rabu (27/9) dan Kamis (28/9).
Kristanto Inwahyudi. Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Malang menyebutkan jika pembagian itu, merupakan langkah perusahaan mendukung Perwali Kediri No 30/2023 tentang pembatasan penggunaan plastik sekali pakai. “Pembagian tas go green gratis ini sekaligus sosialisasi ke konsumen, kalau sekarang sudah tidak ada kantong plastik,” ungkapnya Kamis (28/9).

Pria asal Sidoarjo ini, menjelaskan kalau perusahaan telah lama berkomitmen terhadap lingkungan. Bahkan perusahaan telah memasukkan alfamart cleand and green sebavai salah satu pilar CSR (corporate social responsibility). “Kami punya enam pilar CSR yang salah satunya alfamart cleand and green yang fokus lingkungan,” ungkapnya.

Dengan membagi-bagikan tas go green gratis, diharapkan konsumen menggunakannya setiap kali belanja di alfamart. “Kegiatan berlangsung dua hari, tanggal 27 sampai 28 September 2029,” ujarnya.

Di Kota Kediri sendiri sampah telah menjadi persoalan serius karena produksinya mencapai 140 ton perhari. Dimana mayoritasnya kresek, stryfoarm dan sedotan. Pemkot Kediri menargetkan perwali itu, mampu menjadi sarana bagi pengurangan minimal 20 persen

Sebelumnya Alfamart telah terlebih dahulu memberlakukan bebas tas kresek di Lumajang, Bondowoso, Surabaya, Jombang dan Kota Blitar. Dimana di kota dan kabupaten tersebut terlebih dahulu terbit perda yang melarang toko modern memberikan tasnkrrsek. Sanksinyavtegaa mulai peringatan sampai pencabutan ijin usaha. Asrori