MAHASISWA KKNT 78 ADAKAN PENYULUHAN PRODUK UMKM MELALUI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING DI KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN

Surabaya-menaranadinah.com Selasa, 11 April 2023 10.00 WIB-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT MBKM) UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 78 adakan pogram kerja Penyuluhan sebagai langkah awal dalam memberikan edukasi ke Para UMKM di Kelurahan Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini diadakan pada Selasa (11/4) yang dihadiri oleh Lurah Kelurahan Nginden Jangkungan, Novi Astiwie, Dosen UPN “Veteran” Jawa Timur, Aufa Izzuddin, Para UMKM Nginden Jangkungan, dan Mahasiswa KKNT Kelompok 78.

Penyuluhan merupakan suatu kegiatan mendidik kepada individu ataupun kelompok, memberi pengetahuan, informasi dan berbagai kemampuan agar dapat membentuk sikap dan perilaku hidup yang seharusnya. Dalam Penyuluhan ini, mengusung tema “Peran Branding dan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM”. Dimana dalam pengambilan tema tersebut dikarenakan beberapa UMKM yang ada di Kelurahan Nginden Jangkungan memiliki permasalahan branding yang kurang optimal dan digital marketing dan yang kurang meluas. Maka dari itu, Kelompok 78 mengambil tema tersebut.

Kegiatan dalam acara Penyuluhan, mengambil konsep semi formal yang mana setengah formal dan setengah resmi. Dimana acara dimulai dari pembukaan. Kemudian, sambutan Lurah Kelurahan Nginden Jangkungan, Novy Astiwie yang menyatakan bahwa “Karena semua sudah berbasis online, maka peran digital penting untuk memasarkannya lebih mudah dan diminati oleh masyarakat sekitar. Jadi, terima kasih untuk adik-adik yang mempersiapkan acara ini, semoga untuk acara kedepannya sukses”.
Dilanjutkan dengan sambutan Koordinator UMKM Nginden Jangkungan, Ira Dewi yang menyatakan “Digital marketing memiliki peran yang penting, karena sekarang lebih memudahkan”. Dan untuk sambutan selanjutnya yaitu Ketua Kelompok KKNT 78, Angie Arni Giovani Sianturi menyatakan “Tujuan kami dalam menyelenggarakan acara ini yaitu untuk pelaku UMKM dapat mengoptimalkan branding dan digital marketing pada usahanya dan untuk memperluas jangkauan pasar serta nilai bisnis UMKM”.

Setelah itu, ada pemaparan materi oleh Dosen UPN “Veteran Jawa Timur, Aufa Izzuddin. Dimana Aufa mengambil tema “Digital Marketing dalam Peningkatan Produk UMKM”. “Kemampuan akhir yang diharapkan dari materi ini yaitu kemampuan tentang pentingnya branding, mengetahui strategi pemasaran, pentingnya pemasaran melalui digital marketing, ide bisnis dan contoh peluang usaha” ungkap Aufa Izzuddin. Dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan Para UMKM.

Dengan Penyuluhan yang diadakan oleh Kelompok 78 mengenai branding dan digital marketing, diharapkan dapat membantu pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Nginden Jangkungan dalam memahami branding dan digital marketing serta dapat memperluas produk yang dimiliki UMKM di Nginden Jangkungan.

Angelique Lady Yulietta

#upnjatimbisa                         #KKNTematikMBKM2023UPNVJT
#upnveteranjawatimur            #pengabdianmasyarakat