Menyambut Datangnya Malam Nisfu Sya’ban

Catatan Drs. Husnu Mufid, M PdI Ketua Takmir Mushollah Al Ikhlas Jemurwonosari Wonocolo Surabaya.

 

Sebentar lagi kita umat Islam memasuki malam Nisfu Sya’ban. Tepatnya jatuh pada Selasa malam Rabu 7 Maret 2023 mendatang.

Dimana malam ini menjadi malam yang istimewa dan penting bagi umat Islam di dunia. Oleh karena itu, kita perlu mengabarkan kepada sesama umat Islam baik di masjid maupun mushollah.

Rasulullah bersabda : bahwa Barangsiapa  yang mengabarkan tentang datangnya Bulan Sya’ban kepada umat Islam yang lain, maka akan terbebas dari api neraka.

Selain itu Nisfu Syaban adalah dikenal memiliki keistimewaan yang tinggi yaitu  malam terijabahnya doa dan hajat, malam pengampunan dosa dan malam yang dinilai penuh dengan rahmat Allah SWT.

Bahkan, Nisfu Syaban juga menjadi malam terbukanya semua pintu langit yang dijaga oleh malaikat. Umat muslim pun dianjurkan untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban yang jatuh pada setiap pertengahan bulan Syaban.

“Rasulullah bersabda: Sesungguhnya (rahmat) Allah mendekat kepada hambanya (di malam Nisfu Sya’ban), maka mengampuni orang yang meminta ampunan, kecuali pelacur dan penarik pajak” (HR at Thabrani dalam al-Kabir dan Ibnu ‘Adi dari Utsman bin Abi al-‘Ash).

Adapun amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban antara lain sholat sunnah, tadarus Al-Qur’an, berzikir, berdoa, dan membaca surah Yasin.

“Di antara keistimewaan surat Yasin, sebagaimana menurut sebagian para ulama, adalah dibaca pada malam Nishfu Sya’ban sebanyak tiga kali. Yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua niat terhindar dari bencana dan ketiga niat agar tidak bergantung kepada orang lain”. (Fathu al-Malik al-Majíd, 19).

Juga membaca Astagfirullahal amin 100 X, membaca Tahmid dan Takbir 100 X dan Sholawat Nabi 100 X serta zikur lainnya.

Di malam pertengahan bulan Syaban, ‘rekapan’ dari buku catatan amal manusia selama satu tahun ditutup untuk digantikan dengan yang baru, untuk satu tahun ke depan. Buku catatan amal ini akan dilaporkan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan keistimewaannya malam Nisfu Sya’ban untuk mendapatkan catatan amal baik pada buku catatan amal kita sebagai umat Islam.