Peringatan Tragedi Berdarah Takbei

 

Jember-menaramadinah.com-Himpunan Mahasiswa Patani Indonesia Jember (HMPI Jember) mengadakan agenda peringatan peristiwa berdarah yang terjadi pada 25 oktober 2004, yang disebut Tragedi Takbei. Agenda peringatan tersebut diselenggarakan di Aula Miftahul Ulum, Universitas Islam Jember, Sabtu(29/10). Peringatan ini berlangsung mulai siang hingga sore hari.

Menurut Maruwan Wanni, Ketua Umum HMPI Jember, bahwa 25 Oktober 2004 merupakan tanggal bersejarah yang tidak akan pernah bisa dilupakan kaum Muslimin Patani. Tepat 18 tahun lalu terjadi sebuah peristiwa yang disebut sebagai Tragedi Tak Bai. Peristiwa ini terjadi di depan kantor polisi Daerah Tak Bai, Wilayah Narathiwat pada 25 Oktober 2004, bertepatan dengan bulan Ramadhan 1425 H.

Pada tahun ini mahasiswa Patani di Jember memperingati peristiwa tersebut dengan mengusung tema: Mengungkapkan kronologis peristiwa pembantaian sebagai upaya merawat ingatan 18 tahun tragedi Takbai.

Acara berlangsung dengan beberapa agenda diantara mengungkap kronologis peristiwa , menampilkan drama berbentuk narasi artistik dan musikalisasi Puisi.

Peringati tragedi Takbai adalah acara rutinitas bagi HMPI Jember yang selalu menyelegarakan di setiap tahun untuk menjadi sebuah momentum bagi anggota dalam beraktivitas selama perkuliahan di Indonesia.

Menurut Maruwan, Kampus UIJ mendukung penuh dengan memfasilitas Aula Miftahul Ulum sebagai tempat pelaksanaan Peringati 18 tahun tragedi Takbai bagi mahasiswa pada tahun ini. Acara di hadiri oleh pembina Organisasi dan teman-teman dari instansi Mahasiswa di lingkungan Jember, yakni PMII, GMNI, dan KAMMI.

Menurut Dr. Akhmad Taufiq Pembina HMPI Jember, agenda peringatan seperti ini menjadi untuk dilakukan secara terus-menerus. Sebuah peringatan yang berfungsi untuk mengenang perjuangan para syuhadak Patani, sekaligus terus menggelorakan spirit perjuangan mahasiswa Patani, khususnya yang ada di Jember. Tentu, peringatan atas peristiwa berdarah, yakni Tragedi Takbei juga merupakan bagian dari perjuangan mahasiswa Patani di Jember ini.

Jember, 29 Oktober 2022
HMPI Jember
Ttd

Maruwan Wanni
Ketua Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *