Situs Makam Songo Yang Indah dan Menakjubkan

 

Di daerah Karang Kiring, Gresik ada situs makam yang beberapa kali saya kunjungi. Makam-makam era sekitar tahun 1.700 an yang sangat indah dan cantik. Berikut ini laporan Atok Witono :

Masalahnya adalah lokasi makam yang wingit, penuh dengan semak belukar, banyak ular dan nyamuk ketika kita mau ziarah ke sana. Dapat dipastikan kita harus bawa Autan jika tidak ingin digigit nyamuk.

Di lokasi itu orang menyebutnya situs makam Songo yang konon makam-makam tersebut masih berhubungan dengan keturunan Panembahan Selo Karang (Mbah Beluk) yaitu cicit Sunan Giri.

Bentuk makam cukup besar dengan ukiran yang indah pada badan makam dan nisannya. Makam-makam itu mirip dengan bentuk makam di Sentono Pusponegoro. Bener2 sangat indah dan layak kalo dibuat wisata religi

Keindahan situs makam Songo kalo mau dibuka dan ditelusuri lebih lanjut ada sekitar 100 makam sampai ke belakang. Dan semua nisannya sangat indah. Entah itu makam siapa saja.

Khusus tulisan ini saya apresiasikan kepada dulur Sarkub Raden Kemas Kumambang yang dengan ikhlas merawat dan membersihkan situs makam Songo sangat bersih dan rapi.

Beliau setiap hari membersihkan rumput, lumut dan semak-semak belukar sehingga sekarang tidak menjadi sarang nyamuk dan ular. Mudah-mudahan Allah memberi keberkahan kepada Gus Kemas. Aamiin