IMPLEMENTASI KONSEP SPA TERAPI KESEHATAN DAN KECANTIKAN UNTUK MENJAGA KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT DESA

Surabaya-menaramadinah.cpm-Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) bekerja sama dengan Aparatur Desa Randegan, Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Acara yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan 5M sebagai berikut mencuci tangan , menjaga jarak, memakai masker, menjahui kerumunan, mengurangi mobilitas yang melibatkan dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) sebagai tim pelaksana dan Ibu-ibu PKK Desa Randegan sebagai Mitra PKM.

Acara tersebut bertajuk “ Spa Terapi Kesehatan dan Kecantikan untuk Kebugaran Jasmani ” yakni beberapa kegiatan yaitu pemberian sosialisasi SPA Terapi Kesehatan, Tes Kebugaran, Kecantikan, Tes pengukuran Olahraga serta pemeriksaan kesehatan. dan berharap peserta ibu-ibu PKK dapat menjaga kebugaran jasmani, Mempraktekkan SPA Terapi dengan mempercantik wajah dan masase dan melihat hasil Kebugaran Jasmani.

Acara ini digelar di Balaidesa Randegan Beberapa materi sosialisasi diantaranya penyuluhan Pola hidup sehat dengan Latihan Kebugaran Jasmani oleh Dr. Oce Wiriawan, M.Kes. selaku Ketua PKM juga berpendapat Dengan kesehatan jasmani yang bagus seseorang bisa menimbang kemampuan fisiknya dalam menjalani kesibukan sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya. Disimpulkan bahwasannya olahraga justru membuat Anda menjadi tidak mudah lelah.

Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh Anda bisa lebih meningkat. . Asupan gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat Desa di bawakan Oleh Arifah Kaharina M.Kes. dan SPA Terapi Kecantikan dibawakan Dr Sapto Wibowo. M.Pd ‘’Model latihan olahraga yang benar pada masyarakat desa” di bawakan oleh M Dr. Nur Ahmad Arief, M.Pd.

Untuk tujuan itu, tim dari dosen unesa siap membantu memberikan saran dan arahan kepada ibu-ibu PKK yang mencoba mengikuti program SPA Terapi Kesehatan dan Kecantikan kebugaran jasmani .yang di ketuai oleh Dr. Oce Wiriawan , M.Kes. menggelar acara ini untuk memberikan dukungan kepada warga Desa tentunya Ibu-ibu PKK Desa Randegan.

“Program pengabdian kepada masyarakat” (PKM) Unesa ini sangat bermanfaat dan bagus untuk meningkatkan dan menjaga Kebugaran Jasmani untuk usia ibu- ibu, terutama dalam mempercantik wajah dan menjaga agar tidak stress dengan SPA Terapi.

Perkembangan ilmu kepelatihan dan kesehatan gizi saat ini sangat pesat, termasuk dalam penanbahan program kebugaran jasmani dan gizi seimbang hidup sehat dan bersih kami mengikuti pelatihan ini dengan antusias.

Acara tersebut diikuti Para peserta kumpulan ibu-ibu pkk yang sangat antusias mengikuti kegiatan kebugaran jasmani dari awal dimulai sampai kegiatan selesai dilaksanakan dengan ikhlas dan senang sepenuh hati karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu kosong dan menambah wawasan atau pengetahuan yang lebih luas. Kegiatan ini tidak hanya melakukan kebugaran saja, tetapi juga memberikan kesempatan pada ibu – ibu pkk untuk bertanya jawab atau diskusi mengenai materi yang sudah di paparkan oleh bapak ibu dosen .

Kegiatan PKM ini dibuka oleh Sekretaris Desa berharap, penyuluhan dan program SPA Terapai Kesehatan, Kecantikan dan kebugaran ini dapat dilaksanakan dengan Unesa secara berkelanjutan, khususnya untuk usia yang sudah diatas 30 tahun yang belum terbiasa mengisi kekosangan waktu dengan aktivitas olahraga, semoga dengan adanya progran kegiatan ini ibu-ibu bisa membiasakan hidup sehat dengan SPA Terapi dan olahraga yang mudah di lakukan dan menjaga asupan gizi yang sudah di paparkan.

Terima kasih atas kepedulian Unesa terhadap warga Desa Randegan, Tanggulangin , Sidoarjo Jawa Timur. Semoga wawasan SPA Terapi Kesehatan, Kecantikan, kebugaran jasmani dan asupan gizi semakin meningkat sehingga dapat berkembang pesat.

(AB)