Inilah Yak Yuk Lamongan 2022, Jadi Duta Wisata Kreatif & Kekinian

Lamongan, Menaramadinah com.- Sebagai agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, bersinergi dengan Paguyuban Duta Wisata Yak Yuk Lamongan serta support penuh dari Pemkab Lamongan event Pemilihan Yak Yuk Lamongan 2022 berjalan lancar dan sukses.

Dalam pemilihan duta wisata ini akhirnya berhasil memilih para jawara, yakni Rizki Eko Saputra dan Diyah Ayu Safitri sebagai Duta Wisata Yak Yuk Lamongan 2022.

Atas prestasi gemilang di Grand Final yang berlangsung di Sport Center Lamongan, Jumat (14/10) malam tersebut, Yak Rizki yang masih menempuh pendidikan di SMKN 1 Sambeng. Sedangkan Yuk Diyah tercatat sebagai mahasiswi Polinema.

Yak Rizki dan Yuk Diah ini nantinya berhak mewakili Lamongan dalam ajang Pemilihan Duta Wisata Raka Raki tingkat Provinsi Jawa Timur.

Data yang dihimpun Jurnalis MM, selain juara 1, juga dinobatkan sebagai wakil 1 Yak Abigail Ulil Albab (Unair) dan Yuk Ailsa Shafa Salsabila (SMA N 2 Lamongan) dan wakil 2 Yak M. Brillian Pahleva (SMAN 1 Babat) dan Yuk Rosyida Sadza Afifah (Pens).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak para finalis menjadi generasi muda yang selalu kreatif dan berinovasi. Mengenalkan dan mempromosikan wisata Lamongan dengan cara digital dan kekinian.

“Telah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan yakni lebih intensif mengenalkan wisata Lamongan baik wisata alam, buatan, religi maupun wisata budaya agar lebih di kenal masyarakat luas” ucap Pak Yes.

Beliau juga meminta yak yuk Lamongan menjadi pioner dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai budaya daerah. Mengingat kesempatan untuk mengukir prestasi masih terbentang luas.

“Memandang gelar bergengsi ini tentu menjadi kebanggaan, hendaknya semua orang merasakan kontribusi positif dari penyandang yak yuk terutama dalam hal mempromosikan pariwisata, melestarikan budaya dan pembangunan mental generasi muda di bumi joko tingkir,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disparbud Lamongan Siti Rubikah menjelaskan, selain menyematkan juara 1, wakil 1 dan wakil 2, juga dipilih Yak Yuk busana terbaik, Yak Yuk Berbakat, Yak Yuk Favorit dan Yak Yuk Persahabatan yang diikuti 125 pendaftar mulai dari pelajar setingkat SMA maupun para mahasiswa perguruan tinggi.

Tak hanya mengumumkan yang terbaik, di malam Grand Final Duta Wisata Yak Yuk Lamongan 2022 tersebut, juga disuguhkan Tarian tradisional hingga penampilan 30 finalis Yak Yuk yang dikemas dalam drama musikal.
*DANAR SP*