GLOKALISASI : PENDEKATAN YANG MUNCUL DALAM PENDIDIKAN GURU

 

oleh
Ummu Khairiyah
S3 Pendidikan Dasar Pascajasarjana UNESA.

Pandangan bahwa glokalisasi dalam dunia pendidikan merupakan pendekatan yang efektif bagi bangsa untuk mengejar tren yang setara dengan negara-negara maju lainnya.

Apa yang harus dipersiapkan guru dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi glokalisasi pendidikan dalam mencapai pendidikan yang berkualitas??Menurut Robertson (1995) istilah yang menggabungkan glokal dengan lokalisasi Menurut Wikipedia gabungan dari globalisasi dan lokalisasiIstilah glokal mengacu pada individu, kelompok, divisi, unit, organisasi, dan komunitas yang bersedia dan mampu berpikir secara global dan bertindak secara lokal.

Globalisasi telah menjadi istilah khusus dalam pendidikan yang berkaitan dengan bagaimana masing-masing institusi berusaha untuk memastikan efektivitas program akademik dalam masyarakat global serta mempengaruhi kebutuhan pendidikan dengan mengubah pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan lulusan supaya efektif dalam menunjang profesi yang dipilih dan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan (Virginia, 2010)Globalisasi memiliki dampak substansial pada pembentukan pengetahuan, terutama pengetahuan yang telah tersedia dan kemudian berkorelasi dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi (Carnoy, 2005).

Ramalhoto (2006) menjelasakan pentingnya mahasiswa untuk berpikir kritis terhadap semua sumber informasi, dan dalam sebuah institusi perlu menambahkan pengetahuan terintegrasi lintas disiplin ilmu untuk mengelola globalisasi dan perubahan iklim teknologi.Tsui dan Tollefson (2007) menyatakan bahwa teknologi dan Bahasa inggris adalah dua keterampilan yang tidak dapat dipisahkan untuk dipelajari oleh siswa.

Untuk dapat berinteraksi dengan orang-orang dari bangsa yang berbeda, masalah pertukaran antarbudaya tidak boleh diabaikan.

Dalam membantu siswa menjadi warga global yang terintegrasi, konsep pemahaman nilai budaya, keyakinan norma, dan bagaimana berkomunikasi secara bermakna perlu dimasukkan dalam kurikulum (Wu, 2004; Flammia & Sadri, 2011; Nguyen, 2011).

Dalam menghadapi globalisasi pada dunia pendidikan, harus ada pemahaman dan pertimbangan yang tepat terhadap perbedaan nilai budaya, serta norma yang berlaku di lingkungan tempat guru dan siswa tinggal. Maka dari itu muncullah istilah “ pendidikan glokal” dalam proses pembelajaran Pembelajaran dan pengajaran yang terglokalisasi, mengacu pada pertimbangan kurikulum dan kerangka pedagogis keterhubungan komunitas lokal dan global dalam kaitannya dengan tanggung jawab social, keadilan, dan keberlanjutan.

Boyd (2006) dan Khondker (2004) berpendapat, GLOKALISASI merupakan deskripsi untuk memadukan dan menghubungkan konteks lokal dan global dengan mempertahankan konstribusi signifikan dari komunitas dan konteks budaya yang berbeda.

Pembelajaran efektif apabila dikontekstualisasikan dalam konteks lokal, karena konteks lokal membingkai pengalaman pembelajar dan kenyataan hidup.( S3 Pendidikan Dasar Unesa )