Kenaikan Harga BBM,Pelaku Usaha Harus Semakin Cerdik.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Kenaikkan harga bahan bakar minyak,para pelaku usaha harus bisa semakin cerdik dan lebih efisien dalam kegiatan usahanya.

Hal ini di sampaikan penulis yang juga selaku wakil ketua asosiasi pengusaha Indonesia, Kabupaten Blitar di siang hari ini usai menjalankan sholat duhur berjama ah.Kenaikan harga bahan bakar minyak,biasanya akan di ikuti juga dengan kenaikkan harga kebutuhan pokok plus juga akan menjadi salah satu pemicu penyesuaian upah untuk tahun berikutnya,harus bisa jeli para pengusaha untuk menyikapinya.

Efisiensi sumberdaya manusia yang di miliki harus betul betul bisa di optimalkan,dalam arti tidak perlu ada folume perekrutan karyawan baru dulu.Penghematan dalam transportasipun harus bisa di lakukan dalam arti aktifitas koordinasi lokal staff terhadap mitra kerja yang sudah tinggal menindak lanjuti,cukup memanfaatkan armada roda dua saja.

Pengencangan ikat pinggang tetap harus di lakukan agar roda usaha tetap jalan mengingat wabah covid tempo hari juga banyak membuat situasi usaha terpukul,sekarang di hadapkan lagi dengan kenaikkan harga BBM.Bagaimana tanggapan anda.?