Penutupan KKN,UIN SATU MOU Dengan Pemkab Nganjuk

 

Nganjuk Menara Madinah.com-Penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis komunitas Organisasi Mahasiswa Daerah (ORMADA) berhasil digelar dan berlangsung khidmat di Pendopo Balai Desa Pacewetan, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk.

Penutupan KKN berlangsung pada Selasa, 30 Agustus 2022 pukul 08.00 s/d 12.00 WIB.
KKN berbasis komunitas ORMADA merupakan salah satu dari berbagai jenis KKN yang dilaksanakan oleh kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung atau biasa dikenal dengan sebutan UIN SATU Tulungagung. KKN ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berada di bawah naungan organisasi daerah asal masing-masing. Beberapa organisasi mahasiswa daerah yang ada di kampus UIN SATU Tulungagung seperti, IMAKA (Ikatan Mahasiswa Kota Angin), IMAGRES (Ikatan Mahasiswa Gresik), FKMB (Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro), HIMAWARI (Himpunan Mahasiswa Kediri), dan masih banyak yang lainnya.

Pada tahun 2022, kampus UIN SATU Tulungagung menyelenggarakan KKN berbasis komunitas ORMADA sebanyak 2 kali. Pada gelombang pertama berlangsung pada bulan Februari yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk, gelombang kedua pada bulan Juli-Agustus juga di Kabupaten Nganjuk.

Pada gelombang kedua ini tepatnya bertempat di Desa Pacewetan Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Secara resmi KKN berbasis komunitas ini diikuti oleh 22 mahasiswa, kesemuannya merupakan mahasiswa asal kabupaten Nganjuk yang berada di bawah naungan IMAKA.

Penutupan tersebut dibingkai dengan prosesi MoU (Kerjasama) antara Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang diwakili oleh Dr. H. Sopingi, Ap.,MM. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kab. Nganjuk dan UIN SATU Tulungagung diwakili oleh Prof. Dr.Ngainun Na’im, M.H.I. selaku Ketua LP2M.

Hadir dalam Kegiatan tersebut Burhanudin Elarif, S.Ag. selaku anggota DPR Kab. Nganjuk, Polsek, Koramil, Tarmuji, S.Sos. selaku Sekretaris Camat Pace, Fajar Nusantoro selaku Kepala Desa Pace dan Jajarannya, serta tokoh masyarakat setempat.

Hadir juga dari UIN SATU Tulungagung membersamai Ketua LP2M, Dr. KH. M. Muntahibbun Nafis, M.Ag. Selaku Kapus Pengabdian, Dr. Budi Harianto, M.Fil.I. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, Ginanjar Akhmad Syamsudin, M.Pd., Ahmad Natsir, M.Pd.I. selaku crew LP2M.

Dalam sambutanya Kepala Dinas sangat mengapresiasi kegiatan KKN UIN SATU Tulungagung serta mengharapkan dengan adanya kerjasama Pemerintah Kabupaten Nganjuk dengan UIN SATU Tulungagung, agar ditahun berikutnya KKN berbasis ORMADA, Nganjuk tetap dijadikan salah satu destinasi. Sedangkan menurut Prof. Dr. Ngainun Na’im, M.H.I. dalam sambutannya mengharapkan hasil program KKN bisa menjadi pengalaman dan bisa bermanfaat dalam kehidupan baik bagi peserta KKN maupun masyarakat Desa Pacewetan.

Kegiatan penutupan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Dr. KH.M. Muntahibbun Nafis, M.Ag. selaku Kapus Pengabdian LP2M UIN SATU Tulungagung.

Serangkaian acara penutupan KKN dan prosesi kerjasama (MoU) berjalan dengan lancar dan khidmat. ***# Buhar/ BroJ#