Model Pengadministrasian Yang Baik,Memudahkan Pelayanan.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Pengadministrasian kegiatan menjadi parameter sehatnya sebuah lembaga. Hal ini disampaikan oleh penulis yang juga selaku tim Dewan Pengupahan dan Tripartit Kabupaten Blitar seusai menjalankan shalat dhuhur berjama,ah di siang hari ini. Rasa gemes dan tidak habis pikir ketika mendapati sebuah kegiatan ditingkat pemerintahan tingkat bawah dalam hal ini desa, namun ternyata proses pengadministrasian masih terlihat amat sangat amburadul.

Dengan di turunkannya Dana Desa untuk di kelola pemerintahan Desa, diharapkan diikuti dengan sistem pengadministrasian yang baik, mengingat dana yang dikucurkan bisa dibilang tidak sedikit jumlahnya. Model pendataan-pendataan dari masing-masing elemen yang bertugas ditingkat desa, mulai terkait masalah pendataan orang miskin maupun pendataan para pelaku usaha, harus betul-betul bisa teragendakan dengan baik. Jangan sampai terjadi pendataan hanya serampangan sehingga merugikan bagi para pihak-pihak yang dimungkinkan mendapatkan alokasi bantuan dari instansi di atasnya.

Fungsi kelembagaan desa salah satunya adalah sebagai pelayan masyarakat sebaiknya bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya. Masih terdengar ditelinga banyak model bantuan-bantuan yang tidak tepat sasaran terhadap para penerimanya.

Hal-hal semacam ini selain berdampak pada gelombang protes dari masyarakat juga akan dimintai pertanggungjawaban di yaumil akhir nanti. Bagaimana tanggapan anda??