Festival Harì Buku Nasional Oleh IKAPI Jatim

 

 

Festival Hari Buku Nasional 2022 yang diadakan IKAPI Jatim dengan thema : “Transformasi Digital untuk literasi bangsa” pada Selasa-Minggu-17 -22  Mei 2022 di Maspion Square.

 

Pada hari yang istimewa ini, tanggal 17 Mei 2022, 72 tahun yang lalu, IKAPI lahir sebagai asosiasi penerbit satu-satunya di Indonesia. Pada tanggal itu pula, tahun 1980, Perpustakaan Nasional berdiri, dan dua dekade kemudian 17 Mei ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional.

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) sebagai asosiasi penerbit buku tertua dan terbesar di Indonesia kembali mengadakan Festival Hari Buku Nasional 2022 dengan tema “Transformasi Digital untuk literasi bangsa” yang diselenggarakan di Maspion Square, Jl. A. Yani, Surabaya, pada hari Selasa, tanggal 17 hingga 22 Mei 2022.

Di FHBN 2022 ini, Ikapi Daerah Jatim menjalin hubungan dan kerjasama dengan beberapa Instansi dan lembaga di antaranya adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim,  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim, Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jatim, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, LP Maarif PWNU Provinsi Jatim, Dikdasmen Muhammadiyah Provinsi Jatim, PT ENAM KUBUKU INDONESIA E-Resources Transferring Knowledge.

Festival Hari Buku Nasional 2022 akan menjadi one stop literacy activity, yaitu pusat kegiatan promosi yang komprehensif untuk mempromosikan buku dan copyrights, penulis, seni, budaya, pendidikan, pariwisata dan industri kreatif.

Peserta FHBN terdiri dari penerbit dari dalam negeri dan luar negeri, lembaga kebudayaan, Perpustakaan Nasional beserta perpustakaan-perpustakaan daerah dan instansi pemerintah, distributor/toko buku, penerbit buku digital/elektronik (eBook), toko buku elektronik (eBook Stores) dan penyedia jasa/produk sarana penunjang pendidikan.

Sebagai Kegiatan Pra FHBN telah diadakan pelatihan menulis, webinar komunitas pecinta buku setiap minggu, dan lomba menulis buku untuk siswa, mahasiswa, guru dan umum. Hasil buku yang ditetapkan sebagai pemenang akan diterbitkan dalam book chapter bekerja sama dengan MediaGuru.

Selama kegiatan FHBN 2022 akan ada serangkaian acara setiap hari, antara lain adalah Aksi anak kreatif, Lomba baca puisi, Talkshow perempuan dan literasi, Talkshow tantangan berhijab, Parade kreasi LP Maarif Jawa Timur (Lomba mewarnai, Festival Banjari, Lomba syarhil Qur’an, Lomba music akustik), Talkshow Pokja Literasi dan Numerasi Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Jawa Timur, Aksi dari Konsul Jendral Australia (peluncuran buku, pelatihan Bisindo Sederhana bersama Kumpul Dongeng dan Konsul Jendral Australia), Bisik Jodoh (Bincang Asik seputar Jodoh) bersama Komunitas Ngaji Jodoh, Launching buku, Pemilihan Duta Buku, dan masih banyak agenda lain yang tidak cukup jika diurai dalam lembar ini.

Pada FHBN 2022 ini tercatat ada Zona kalap yang menyediakan buku dari 200 penerbit dalam negeri, dengan setiap penerbit paling sedikit 50 judul. Sehingga kurang lebih ada 10.000 judul. Juga terdapat stan mandiri ada 8.

Stan Al Qur’an terdapat 50 penerbit, dengan 192 jenis Al Qur’an dengan berbagai jenis dan ukuran, terdiri 15.000 eksemplar.

Stan buku digital menyediakan 35.000 judul buku berbahasa Indonesia dari sekitar 550 penebit dalam negeri, dan 2.000 judul buku berbahasa asing.

Dan, yang tidak kalah pentingnya, dalam acara pembukaan FHBN 2022 ini, ibu Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. menerima secara simbolis sumbangan titik baca dari IKAPI dan PT ENAM KUBUKU INDONESIA sejumlah 63 titik baca yang selanjutnya diserahkan kepada 38 Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Jawa Timur, 20 Perpustakaan daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dan 5 Bakorwil yang ada di Jawa Timur.

Pada titik baca yang diserahkan masing-masing di dalamnya terdapat kurang lebih 300 judul buku free. Untuk penambahan koleksi buku pada titik baca dipersilahkan berhubungan dengan Ikapi Jawa Timur.

Pada FHBN tahun 2022 ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi literasi yang sangat strategis bagi para penerbit di Indonesia yang selama ini dianggap stagnan karena terkena dampak pandemi covid 19. Para penerbit bisa berlomba-lomba menciptakan kreativitasnya pada kegiatan FHBN tahun 2022 dengan memunculkan inovasi-inovasi baru dalam penjualan produknya supaya bisa mencapai target penjualan perusahaan.

Terima kasih kepada semua pihak-pihak yang telah turut serta mensukseskan kegiatan FHBN 2022 ini, semoga kebaikan selalu menyertai kita semua. Aamiin.

Hormat kami,

Ikatan Penerbit Indonesia

Daerah JawaTimur

Dr. H. Fatkul Anam, M.Si                                 Irawan Novianto Pratama, ST. Ketua                           Sekretaris