Bupati Nganjuk Kuliahi Peserta Pelatihan UMKM Alfamart

NGANJUKl-menaramadinah.com-Puluhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Nganjuk mendapat kuliah singkat dari Plt Bupati Nganjuk Marhein Djumadi dalam pelatihan di Hotel Front One, yang digelar Alfamart bareng Radar Kediri, kemarin.

Politisi PDI Perjuangan berpesan agar pelaku UMKM menguasai 5P yakni product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), dan people (orang). Dengan strategi tersebut dapat membantu untuk memahami dan menjangkau pasar. “Tolong perhatikan 5P ya, biar ibu-ibu bisa go naaional,” tegasnya.

Marhein berpesan agar pelaku UMKM tidak memainkan price seenaknya. Misalnya jika konsumennya orang luar daerah, harganya dinaikkan. “Untung itu perlu, tapi untung yang terus-menerus lebih perlu,” katanya.

Jangan karena mengejar keuntungan besar, namum cuma sekali. Sebaliknya jika keuntungan diraih secara terus-terusan maka usahanya akan makin berkembang.
Marhein berharap pengusaha besar seperti Alfamart bisa merangkul pelaku umkm.

Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) mengaku jika visi perusahaan adalah menjadi jaringan distribusi terkemuka yang dimiliki masyarakat luar, berorientasi pada pemberdayaan pedagang kecil, dimiliki masyarakat luas dan mampu bersaing secara global.

“Jadi mulai awal berdirinya Alfamart memang berkomitmen tumbuh dan berkembang dengan pedagang kecil,” tukasnya.

Karena itulah, Alfamart rutin menggelar pelatihan UMKM. Diharapkan mereka bisa makin maju, termasuk adanya peluang bermitra dengan Alfamart. Ucok