Senandung Sholawat Nabi Al-Muhibbin

Lamongan – menaramadinah.com: Pondok Pesantren Darussalam Paciran, Lamongan (22/1) setiap Sabtu malam Ahad, minggu ke-4 setiap bulan menggelar senandung sholawat nabi yang diikuti puluhan muda-mudi dari daerah Pantai Utara Kabupaten Gresik, Lamongan, dan Tuban. Kegiatan ini untuk memupuk rasa cinta para remaja kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

Komunitas Pecinta Sholawat Al-Muhibbin berdiri sekitar dua belas tahun lalu yang menghimpun para kaum milenial yang menyukai sholawat nabi. Kegiatan yang mereka gelar secara berpindah dan bergilir.

Gus H. Hamam Labib, selaku Pengasuh Ponpes Darussalam Paciran saat diwawancarai media ini menyampaikan, “Semoga para pemuda senang dengan kegiatan yang positif dan mencintai nabinya.”

Sementara itu, Ust. Muhammad Fiqru, selaku Ketua Jam’iyah Sholawat Al-Muhibbin saat diwawancarai media ini menyampaikan, “Al-Muhibbin telah berdiri 12 tahun lalu di Pantura untuk menghimpun para pecinta sholawat nabi yang saat ini berjumlah 100 orang lebih dengan rutinitas membaca sholawat dzibaiyah.

Pemberian nama Jam’iyah Sholawat Al-Muhibbin setelah para pemuda konsultasi/sowan kepada KH. Salim Azhar, AR. Sendangduwur, Rois Suriyah PCNU Lamongan.

Beliau saat itu memberikan 2 pilihan nama, sauqun dan muhibbin. Akhirnya, kami sepakat memakai nama Al-Muhibbin. Tujuan Jam’iyah ini untuk mengenalkan sholawat nabi dan menanamkan cinta nabi.

Sedangkan untuk pendanaan Jam’iyah ini berasal dari donasi kaum muslimin. Saat wabah corona melanda kami harus menghentikan sementara kegiatan kami. Dan malam ini kita coba mulai lagi pasca pending berbulan-bulan.”

Kegiatan malam itu digelar dengan mematuhi protokol kesehatan dan berakhir menjelang tengah malam. Hadirin kembali ke rumah masing-masing memakai sepeda motor dengan tertib. (Ried).