Tantangan & Harapan Pemuda di Era Digital

Oleh : Sa’ida Umi Mukarromah.

Sebagai generasi penerus bangsa di era digital saat ini, pemuda sangatlah berpengaruh penting terhadap lingkungan sosial. Dimana pemuda harus berperan aktif dengan memanfaatkan digital dengan sebaik-baiknya.
Tantangan utama pemuda saat ini yaitu tidak hanyut dari sisi negatif perkembangan teknologi digital.
Namun dengan perkembangan zaman para pemuda, mudah sekali terpengaruh oleh teknologi digital, contoh umumnya saja handphone.
Jika seorang pemuda dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, maka pemuda tersebut menyia-nyiakan waktu nya. Seperti yang tertera pada surat Al ashr’ ayat 1-3 dan Surat Ad-dhuha 1-11
وَٱلْعَصْرِ ١ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَفِى خُسْرٍ ٢ إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ٣
Artinya: 1. Demi masa, 2. sungguh, manusia berada dalam kerugian, 3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Kandungan yang terdapat pada Surat Al ashr’ yaitu seorang hamba harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Surat Ad-dhuha 1-11
وَالضُّحٰىۙ ١ وَالَّيۡلِ اِذَا سَجٰىۙ ٢ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىؕ‏ ٣ وَلَـلۡاٰخِرَةُ خَيۡرٌ لَّكَ مِنَ الۡاُوۡلٰىؕ ٤ وَلَسَوۡفَ يُعۡطِيۡكَ رَبُّكَ فَتَرۡضٰىؕ ٥ اَلَمۡ يَجِدۡكَ يَتِيۡمًا فَاٰوٰى ٦ وَوَجَدَكَ ضَآ لًّا فَهَدٰى ٧
وَوَجَدَكَ عَآٮِٕلًا فَاَغۡنٰىؕ ٨ فَاَمَّا الۡيَتِيۡمَ فَلَا تَقۡهَرۡؕ ٩ وَاَمَّا السَّآٮِٕلَ فَلَا تَنۡهَرۡؕ ١٠ وَاَمَّا بِنِعۡمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثۡ ١١
Artinya: 1. Demi waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah), 2. Dan demi malam apabila telah sunyi, 3. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, 4. Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. 5. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas. 6.

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu), 7. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, 8. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan. 9. Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. 10. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik(nya). 11. Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).

Kandungan surat Ad-dhuha ini mengajarkan kepada manusia agar senantiasa selalu bersyukur, dan anjuran untuk berperan dalam kehidupan sosial masyarakat contoh nya : Mendirikan Panti asuhan yatim-piatu, Panti jompo duafa dan kegiatan sosial lainnya.

Sebagai seorang pemuda, seharusnya bisa menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif, seperti:
1. Membuat karya-karya yang bermanfaat
2. Merumuskan target tujuan hidup
3. Mengembangkan hobi yang dimiliki
4. Mengatur Keuangan
5. Ikut organisasi-organisasi yang positif.
6. Selalu disiplin waktu ( menggunakan waktu semaksimal mungkin )

Dan menurut para ahli seorang pemuda harus bisa menjadi:
1. Agent of change ( agen perubahan )
2. Agent of Developmet ( Agen pembangunan bangsa )
3. Agent of Modernizations ( agen pembaharuan bangsa Indonesia)

Mutiara kata untuk para pemuda:

‏ان الفتى من يقول ها أنا ذ ، وليس الفتى من يقول كان ابي
“Sesungguhnya pemuda itu mengatakan inilah saya, Bukan mengatakan inilah bapak saya”.

ان الشباب والفراغ والجدة مفسدة للمرءاي مفسدة

“Sesungguhnya masa muda, waktu kosong, dan kekayaan adalah sumber kerusakan bagi seseorang yang tidak memanfaatkannya dengan baik.”
“Mahasiswi FTK UINSA jurusan IPA, Santriwati PPM Aljihad, alumni PP Ibrohimi Manyar Gresik & Pembaca Setia Menara Madinah com”