Program Kerohanian SMPN 3 Sindang Tingkatkan Karakter Peserta Didik

 

Indramayu-menaramadinah.com-Program Kerohanian SMPN 3 Sindang yang mulai digelar untuk kali pertama setelah pembelajaran 100%, dimaksudkan untuk meningkatkan karakter positif baik dalam sikap sosial maupun sikap spiritual peserta didik. Program ini digelar dengan tetap mengedepankan prokes secara ketat, seperti pengecekan suhu badan, mencuci tangan, memakai masker.

Kepala SMPN 3 Sindang, Tariwan, S.Pd. MM. yang ditemui awak media setelah kegiatan, mengatakan bahwa program Kerohanian setiap hari Jumat ini meliputi kegiatan membaca Al Qur’an Surat Yasin, Sholat Dhuha berjamaah, dan dilanjutkan dengan Program Berbasis (Berbagi Bahagia Bersama Siswa) dengan memberikan paket perlengkapan sekolah seperti tas, alat tulis dan Tumbler kepada para peserta didik yang memiliki attitude, sikap positif dan berprestasi. Dimana dana program Berbasis ini berasal dari donatur pihak ketiga.

Sementara itu koordinator pelaksana kegiatan kerohanian Jumat, Suniyah, S.Ag. mengatakan bahwa program Kerohanian ini sudah sejak lama digelar dan menjadi program rutin , hanya saja sejak Pandemi Covid sempat vakum hampir dua tahunan. Sekarang baru digelar kembali karena begitu besarnya pengaruh positif dalam membangun karakter peserta didik melalui kegiatan ini. Kegiatan ini mengenalkan dan membuasan peserta didik untuk senantiasa membaca Al Qur’an dan beribadah sebagaimana kewajiban setiap peserta didik yang Muslim. Tentu saja kegiatan ini digelar dengan memperhatikan Prokes yang ketat.

Di tempat lain Samud, S.Pd ketua pelaksana program Berbasis yang ditemui awak media paska kegiatan,. Program kegiatan ini dipadu dengan kegiatan kerohanian di mana program Berbagi Bahagia Bersama Siswa (Berbasis) untuk mendukung dengan memberi support berupa pemberian paket berbagi bagi peserta didik yang memiliki attitude, sikap dan prestasi di bidang kerohanian dan juga literasi kerohanian .
(jaya)