Masyarakat Apresiasi Vaksinasi Massal SMP PGRI 1 Buduran

SIDOARJO – Dalam rangka Dies Natalis ke-42, untuk kali kedua SMP PGRI 1 Buduran bekerja sama dengan RSAU Soemitro Lanud Muljono Surabaya menggelar vaksinasi massal untuk masyarakat umum, dengan jenis vaksin Sinovac dosis 1 dan dosis 2.

 

Vaksinasi dilaksanakan di Aula Pandan Wangi SMP PGRI 1 Buduran, Kamis (28/10/2021).
Warga begitu antusias dan sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi tersebut. Meski acara terjadwal dimulai pukul 08.00 WIB, sejak pagi pukul 05.30 WIB, para peserta vaksinasi sudah mulai berdatangan di halaman SMP PGRI 1 Buduran Jl. Siwalanpanji No. 3 Sidoarjo. Para peserta duduk dengan tertib di kursi-kursi yang telah disediakan panitia. Dengan naungan tenda berhias dan diiringi musik tipis-tipis, serta mendapat minuman gratis dan buku brosur PPDB dari panitia.
Para peserta vaksinasi pun beragam. Mulai dari para pelajar/peserta didik SD/MI, SMP, SMA/SMK/MA, dan mahasiswa. Dari berbagai tingkat usia, 12 tahun ke atas, hingga orang-orang dewasa, bahkan juga lansia. Mayoritas peserta berdomilisi di wilayah Sidoarjo. Namun di antara mereka ber-KTP luar kota, luar provinsi, dan luar pulau.
Ada yang ber-KTP dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Gresik, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Banyuwangi, Madura, dsb. Ada juga yang ber-KTP Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, luar Jawa, dsb. Yang menarik, ada beberapa peserta yang pagi-pagi sekali berangkat langsung dari warga Jombang. Sebanyak 600 orang warga yang tervaksin hingga pukul 13.30 WIB.
Tim Vaksinasi RSAU Soemitro Lanud Muljono Surabaya dipimpin oleh penanggung jawab Mayor Kes Wulan dan koordinator lapangan Sugeng. Dengan anggota sebanyak 20 orang tenaga kesehatan, mulai beberapa dokter, paramedis, dan tenaga IT (Information Technology). Dikawal oleh 2 personel POMAU (Polisi Militer Angkatan Udara). Mereka bertugas mulai dari pengukuran suhu tubuh, pengukuran tensi tekanan darah, skrining kesehatan, input data, vaksinasi, dan cetak surat vaksin.
Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak RSAU Soemitro Lanud Muljono Surabaya yang sudah berkenan untuk kali kedua, bekerja sama menyelenggarakan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 untuk masyarakat umum. “Semoga kerja sama ini bisa ditingkatkan untuk masa mendatang. Bukan hanya terkait dengan penanggulangan Covid-19, namun juga hal lain dalam bidang kesehatan,”ujarnya.
Indrajayanti Ratnaningsih juga mengapresiasi kinerja Satgas Covid-19 SMP PGRI 1 Buduran beserta para guru dan tenaga kependidikan yang sudah bisa bekerja sama mewujudkan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 untuk warga masyarakat umum, terlaksana dengan lancar, tertib, dan sukses.
Wakil Kepala SMP PGRI 1 Buduran dan Wakil Ketua Satgas Covid-19 SMP PGRI 1 Buduran, Dra. Hj. Eva Wahyuda, M.Pd mengapresiasi pelayanan prima yang diberikan oleh para tenaga kesehatan RSAU Soemitro Lanud Muljono kepada warga masyarakat yang divaksin. Demikian pula mengapresiasi kinerja Tim Satgas Covid-19 SMP PGRI 1 Buduran yang kompak dan bisa solid bekerja sama dengan baik, dengan gerak cepat, tanggap, dan tangkas.
Ketua Satgas Covid-19 dan Kaur Humas SMP PGRI 1 Buduran, Drs. Koesmoko mengatakan, meski pada masa pandemi Covid-19, SMP PGRI 1 Buduran selalu berinovasi dan berkreasi. Di antaranya dengan mempercepat pembentukan herd immunity (kekebalan kelompok) di lingkungan sekitar sekolah. “Kami sudah menuntaskan vaksinasi para guru dan tenaga kependidikan, serta sedang berupaya menuntaskan vaksinasi peserta didik. Bahkan, kali ini bisa melayani vaksinasi untuk warga masyarakat yang membutuhkan,”katanya.
Kepala RSAU Soemitro, Mayor Kes. dr. Yuli Nur Hidayati, Sp.A mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh SMP PGRI 1 Buduran. “Kami dari TNI AU siap membantu percepatan vaksinasi, baik untuk masyarakat maupun untuk sekolah. Kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang baik,”ujarnya.
(Humas SMP PGRI 1 Buduran)