Proyeksikan Ranupani sebagai Desa Wisata Budaya, Banggar Komisi X DPR RI Bantu Bagikan Alat Hadroh Alhabsy.

Lumajang-menaramafinah.com-Anggota Badan Anggaran (Banggar) Komisi X DPR RI H. Muhamad Nur Purnamasidi Memberikan bantuan berupa perangkat lengkap alat Hadroh Alhabsy di Taman Pendidikan Qur”an Masjid Al-Barkah Desa Ranupani Lumajang, Rabu (29-09).

“Ini merupakan salah satu ikhtiar, setelah desa Ranupani ditetapkan masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik se Indonesia yang dihadiri mas Menteri Sandiaga Uno. Ke depannya kita berharap Desa Wisata Ranupani ini menjadi salah satu icon nasional desa wisata budaya yang menjunjung tinggi kemajemukan, pluralitas. Hidup berdampingan secara harmonis, guyub saling bergotong royong, penuh toleransi antar pemeluk agama.

Pengokohan tradisi yang menjadi karakter, identitas serta nilai nilai kearifan lokalnya menjadi sangat penting untuk tetap dilestarikan.

Mengingat kawasan desa Ranupani termasuk dari bagian pengembangan destinasi wisata superprioritas yakni Bromo Tengger Semeru. Tradisi yang khas, dengan kesantunan, keramahan masyarakatnya menjadi added value (nilai twmbah) serta ke depannya bisa menjadi daya magnetis meningkatkan kedatangan wisata mancanegara.” Ungkap Anggota Fraksi Golkar Dapil Jatim IV ini.

Penyerahan langsung di lokasi dilakukan oleh Pudholi Sandra, SH., MH. Dalam sambutan penyerahan, Pudholi berharap Hadroh TPQ Al Barkah ini menjadi benteng penguat untuk tetap eksis serta bertambah majunya syi’ar Islam di sini.

“Selain alat Hadroh Alhabsy kita juga memberikan bantuan Masker kepada masyarakat. Dimaksudkan agar tetap terbangun kesadaran untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Ujar pria alumni Ponpes Gontor yang juga berprofesi sebagai advokat ini. Om lyan