PANCASILA DIUSULKAN MENJADI PIAGAM PBB

Kediri-menaramafinah.com-Pancasila sebagai dasar Negara Republik Republik Indonesia, telah diusulkan oleh pemerintah Indonesia didalam sidang umum Perserikatan Bangsa Bangsa agar menjadi dasarnya organisasi besar dunia. Sayangnya peristiwa besar yang terjadi pada 30 September 1960 ini bagai tenggelam ditelan bumi dan tak lagi diketahui.

Inilah yang mendorong para suka relawan yang tergabung dalam Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Ndalem Pojok Ds. Pojok Kec. Wates Kediri menggelar sebuah perhelatan untuk mengingat dan mensyukuri peristiwa besar tersebut. Acara syukuran akan digelar pada Kamis malam Jum’at 30 September 2021 mendatang.

 

“Ini adalah peristiwa besar dunia yang semestinya bisa menjadi kebanggaan nasional,” ujar Sikan Abdillah Ketua Panitia kegiatan bertemakan ‘Pancasila Ideologi Dunia’ ini.

“Pancasila bukan hanya ideologi bangsa Indonesia tapi bisa menjadi ideologi dunia,” tegas Pria berbadan tegap ini.

Tasyakkuran yang dipusatkan di situs Ndalem Pojok ini akan mengundang pejabat pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat, tokoh masyarakat, perwakilan komunitas, pemuda, mahasiswa dan tokoh lintas agama untuk memimpin berdoa bersama.

“Malam ini kami mengundang berbagai perwakilan dari lintas komunitas, seperti komunitas Rapi, komunitas K2, PCTA Indonesia, Orshid, JKPHS dan lain-lain untuk mematangkan tasyakkuran ini,” kata Lukito Sudiarto Sekretaris Panitia.

“Sejatinya ini adalah tahun ketiga kita memperingati hari Pancasila dikancah dunia. Bagi kami ini adalah peristiwa besar, bukan hanya nasional tapi internasional yang wajib kita ungkap, sebagaimana pesan Bapak Bangsa Jas Merah jangan sekali-kali meninggalkan sejarah,” tambah Kushartono Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno.

Harapannya dengan acara tasyakuran ini bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah, kedua bisa tumbuh rasa kebanggan nasional, ketiga secara otomatis jika sudah bangga akan menjaga dan melestarikan Pancasila.

“Tasykkuran ini bagian dari pendidikan karaker, pembentukan alam bawah sadar untuk membumikan Pancasila. Jadi apa yang kita lakukan ini sejalan dengan harapan pemerintah yang saat ini sedang getol soal pendidikan karakter bangsa.

Untuk pada tahun ini kita akan mengundang wakil rakyat dan wakil pemerintah untuk bersama-sama menumbuhkan rasa banggaan nasional. Mohon doa restu semoga Alloh Ta’ala Melimpahkan Berkat dan Rahmatnya pada acara ini,” terang Kus yang juga Ketua DPC PCTA Indonesia Kab dan Kota Kediri ini.* surya