SEPANJANG 100 KM PESISIR PANTAI SELATAN KABUPATEN SEJAK INDONESIA MERDEKA HINGGA HARI INI MENJADI LAHAN TIDUR.

JEMBER 13 SEPTEMBER 2021. MENARAMADINAH.COM. Bupati jember H.Hendy sekarang ini sedang memulai untuk pengelolaan kekayaan Sumberdaya Alam yang melimpah khususnya sepanjang Pesisir pantai kurang lebih 100 km dari Merubetiri sampai Paseban Kencong perbatasan Lumajang.

Hal ini disampaikan Bupati Jember ketika menerima 7 sertifikat Aset Pemerintah daerah dari Kanwil Badan Pertanahan Provinsi jawa timur sore tadi di Pendopo Kabupaten.

Menurut Hendy kenapa sejak di Lantik sebagai Bupati sangat konsen untuk mengubah lahan pesisir pantai untuk kemakmuran rakyat karena sesuai data di pemkab Jember sekitar 30 persen rakyat miskin Berada di sepanjang Pantai selatan dari perbatasan Banyuwangi sampai Lumajang.

Di Katakan Kawasan ini sejak Indonesia merdeka tidak pernah di jamah atau di manfaatkan untuk kepentingan pemerintah maupun kemakmuran masyarakat.

Untuk Pengelolaan daerah pesisir tersebut Pemerintah daerah akan menggandeng Investor dan masyarakat di sekitar Pantai yang merupakan tujuan terpenting untuk mengangkat perekonomian mereka dan pemasukan Asli daerah.

Sementara itu bagi masyarakat yang terlebih dahulu memanfaatkan kawasan tersebut baik untuk Tambak maupun untuk produksi pertanian yang lain pihak nya tetap akan mengajak mereka bagaimana dalam pengelolaannya.

Program Haji Hendy yang mungkin tidak pernah di fikirkan oleh Bupati Bupati sebelumnya itu di awali dengan penguasaan Aset Melalui Penerbitan sertifikat aset pemerintah dari BPN.

Hal ini menurut Hendy harus dilakukan mengingat kalau secara terus menerus daerah pesisir menjadi lahan Tidur lambat laun akan di kuasasi orang lain yang bukan Hak nya.

Pengelolaan Lahan Pesisir yang di Tawarkan dan telah menjadi program utamanya yaitu menyesuaikan lapangan yaitu untuk pertambakan , perikanan, maupun untuk pengembangan tempat wisata untuk tahun ini Tanah aset Pemda akan di selesikan persertifikatan nya 400, sertifikat dari 1000 lebih yang harus mendapatkan sertifikat .

Kepada Awak Media usai menerima sertifikat Aset Pemda Bupati Hendy sangat Optimis jika program ini berjalan lancar dengan mendapat dukungan Masharakat, lahan Tidur yang cukup lama ini akan menjadi Primadona dalam mendukung Kemajuan Kabupaten Jember.
(ST)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *