Memotivasi siswa dengan menerapkan motto belajar

Pasuruan- Menara-Madinah.com-7/9-Saat sekolah mulai masuk tatap muka para guru mulai memacu siswa untuk semangat belajar. sekolah menerapkan protokol kesehatan dengan sistem ketat. Setiap siswa yang datang ke sekolah memakai masker diukur suhu badannya serta harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk halaman sekolah dan ruangan kelas.

 

Untuk memacu siswa itu seorang bernama Subari. Menggunakan motto belajar nya ketika masih kuliah. Berikut motto belajar nya.

“Aku dengar aku lupa”
“Aku catat aku simpan”
“Aku baca, Aku Coba, Aku Bisa”

Maksudnya arti dari motto diatas adalah aku dengar aku lupa .manusia itu diberi anugerah oleh Allah SWT dengan memori ingatan Ter batas tetapi manusia diberi akal dan fikiran.

Bagaimana untuk mengingat peristiwa atau materi pelajaran yang di berikan oleh bapak/ibu guru agar mudah diingat. Saat mendengarkan sesuatu di telinga akan lupa sehingga perlu dicatat dan di simpan.

Bagaimana agar bisa mengingatkan kembali Maka di bacalah catatan catatan yang sudah di catat tadi kemudian di baca kembali agar ingat dan dicoba untuk mempraktekan dari teori yang di tulis itu. Nah setelah di baca kemudian di coba akan tahu kekurangan dan kesulitan yang di hadapi sehingga akan bisa menghadapi persoalan-persoalan yang sehingga bisa.

Itulah penjelasan pemantapan penggunaan Motto Aku dengar. Aku lupa. Aku catat. Aku simpan. Aku baca. Aku coba. Aku Bisa.

Menurut Subari motto belajar atau slogan ini moto belajar ini dibuat tahun 1997 ketika saat membuat karya tulis atau skripsi.

Ternyata ampuh untuk memotivasi siswa siswi untuk belajar. Bukan siswa siswi saja tetapi motto ini bisa di terapkan untuk masyarakat umum. sehingga termotivasi dan semangat belajar tinggi.

Dia mengatakan masih ingat
Tulisan ini dibuat saat membuat karya tulis skripsi. Pernah dicoret oleh dosen pembimbing karena tidak ada dasar landasan teori.

Tulisan Saya ini saya pertahankan sehingga akhirnya 3 dosen penguji dan pembimbing bersedia tanda tangan.

Saya mempertahan karena kapan bisanya kalau mahasiswa selamanya di suruh mengutif teori yang sudah ada .

Saya mencoba membuat motto ini untuk memotivasi saya agar ingat Aku pertahan dan saya tulis di skripsi saya di halaman utama motto.

Hingga sampai sekarang saya pakai slogan belajar saya tularkan ke siswa dan mahasiswa saya .

Slogan saya yang lain adalah “Penulis buku yang baik adalah pembaca buku yang tekun.”

Selamat mencoba semoga bermanfaat dan berguna untuk memotivasi diri anda dan siswa. (Sob/pas)