Dari Pelatihan Jurnalisme Intristicc BEM Unair

 

Alhamdulillah Minggu (27/6/2021) pagi hingga siang tadi bisa berbagi, berdiskusi dan belajar bersama tentang dunia jurnalistik dengan adik-adik mahasiswa Universitas Airlangga (UA) kemarin. Berikut ini laporan Machmud Suhermono.

Kegiatan yang digagas oleh BEM UA dengan tajuk “Pelatihan Jurnalisme Intristicc” ini awalnya mau digelar secara langsung atau offline, namun karena pandemi Covid makin meningkat, akhirnya dilaksanakan dengan full online (daring).

Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) UA Ali Sahab sekaligus memberikan pengantar.

Berbagai masalah dunia pers, mulai sejarah, perkembangan hukum media dan dampak dari kebebasan dan kemerdekaan pers, kami diskusikan dengan gayeng selama hampir 4 jam.

Pelatihan berlangsung menarik, karena peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mendiskusikan studi kasus dan mempresentasikannya.

Sementara kelompok lain menanggapi dengan argumen-argumen berdasarkan UU No 40 Tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) dan beberapa aturan Dewan Pers lainnya.

Machmud Suhermono