Pesona Kuliner Plus di Pawon Teh Tudung Magelang

 

Pengelola Pawon Teh Tudung (PTT) paham benar tren wisata (kuliner) era Pandemi. Tempat terbuka yang lapang dengan suguhan kuliner yang unik.  Pawon Teh Tudung pun menebar pesona kuliner plus. Berikut ini laporan Erwan Widyarto :

Tempat wisata kuliner yang dipadu dengan wisata alam ini berada di Genito, Windusari, Magelang. Berada di Lereng Sumbing di ketinggian 700 mdpl. Berjarak sekira 9,5 Km dari Pertigaan Kalibening, Jalan Raya Magelang-Semarang. Panduan Google Maps menuntun sampai lokasi.

Kita bisa menikmati Nasi Ungu. Warna ungu pada nasi diperoleh dari bunga telang. Bunga telangnya dipanen dari sekitar lokasi. Pengunjung kadang bisa melihat bunga telang yang lagi dijemur. Atau membantu memetik yang masih berada di pohonnya. Bisa juga membeli teh telang dalam kemasan.

Nasi ungu ini adalah nasi gurih yang biasa dimasak masyarakat desa sekitar. Namun, di Pawon Teh Tudung nasi gurih yang biasanya putih atau kuning itu, dikreasi menjadi warna ungu. Menjadi lebih unik dan instragramable. Selain unik juga lebih berkhasiat, Dari sejumlah referensi kesehatan, bunga telang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Penyajian Nasi Ungu pun eye catching. Tidak menggunakan piring biasa melainkan piring bambu.  Disajikan dengan serundeng kelapa, ayam suwir dan kering kentang. Nasinya dibentuk tumpeng. Jika disajikan barengan menjadi lebih unik dan menarik.

Dengan duduk di atas ‘colourfull pillow’  alias bantal warna-warni, pesona Nasi Ungu atau menu kuliner lain makin ‘syahdu’ saat disantap.

Perut dimanja lezatnya kuliner. Mata bisa dimanja indahnya alam. Menikmati Gunung Giyanti dengan hutan pinusnya yang hijau. Atau kalau lagi cerah, bisa melihat deretan gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telamaya berjejer di sisi arah Timur dari Pawon Teh Tudung.

#LensaMagelang2021 #PesonaMagelang #LombaFotoDTWMagelang #WisataMagelang