Hari Ini Kartini Millenial Ada di Smankar

Menaramadinah.com- Lamongan. Dengan semangat Jasmerah, peringatan Hari Kartini Tahun 2021 di SMA Negeri 1 Karangbinangun, Lamongan tetap tergelar meski masih berada dalam masa pandemi dan puasa Ramadhan.

Rabu pagi (21/04/2021) ini OSIS dan MPK SMA Negeri 1 Karangbinangun dan beberapa siswa perwakilan kelas mengadakan Aksi Poster dan Pembacaan Puisi dengan tema Kartini dalam tiga bahasa yakni Indonesia, Inggris dan Jawa untuk memperingati Hari Kartini.

Bertempat di Aula Smankar, kegiatan ini diikuti oleh dewan guru, staff dan siswa-siswi Smankar ini dawali prosesi Aksi Poster. Para siswa yang berbaju adat berjalan mengelilingi area sekolah , melewati seluruh kelas dengan membawa poster dengan tema Kartini.

Mereka berjalan sambil bernyanyi menuju finish di ruang guru dan kembali ke aula untuk perform pembacaan puisi tiga bahasa yang dibacakan oleh wakil guru dan siswa.

Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs.H. Ali Nurdin, M.Pd saat memberi sambutan menyampaikan bahwa apa yang sudah dilakukan RA Kartini sangatlah besar pengaruhnya pada kebangkitan bangsa ini.

” Saya apresiasi semangat kalian anak-anakku, sehingga kegiatan peringatan Hari Kartini ini tetap dilaksakakan meski di tengah keterbatasan. Di masa pandemi dan bulan Ramadhan.
Ini bukti kalian termasuk generasi yang paham dengan Jasmerah, tidak pernah melupakan sejarah,” katanya.

Selanjutnya, H.Ali pun menuturkan bagaimana sosok RA Kartini adalah seorang santri dari Mbah Kiai Sholeh Darat, Semarang. Karena itulah ia berpesan pada anak didiknya ini agar menjadi orang yang berilmu, seperti halnya RA Kartini memiliki ilmu agama dan pengetahuan umum lainnya karena dengan bekal inilah yang bisa menuntun jalan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Di akhir sambutan H Ali Nurdin juga mencuplik dalil dan ayat Quran tentang sikap yang harus bisa menghargai orang lain. Seperti juga menghormati jasa oara pahlawan termasuk RA Kartini dan pahlawan bangsa lainnya.

Sedangkan Waka Kesiswaan Smankar, Drs. Khoirul Huda, M.Pd yang mendampingi Kepala Sekolah di acara, pada wartawan MM ia menjelaskan esensi peringatan ini sebagai pengingat pada siswa, bahwa apa yang Kartini perjuangkan kala itu di masanya adalah di mana kaum perempuan begitu tertinggal dibandingkan apa yang didapat oleh kaum pria.

Sehingga ia mempelopori para perempuan agar mendapatkan hak yang setara dengan kaum pria dapatkan khususnya hak mendapatkan pendidikan.

“Kiranya sudah berpuluh-puluh tahun lewat apa yang Kartini dahulu perjuangkan bisa kita bersama lihat bahwa kaum perempuan saat ini berkembang menjadi sosok maupun figur yang tidak lagi dianggap sebelah mata.
Kaum perempuan saat ini menunjukkan kemampuan yang dimiliki tidaklah kalah dan mampu bersaing dengan para kaum pria. Tidak sedikit bermunculan sosok perempuan-perempuan yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa layaknya yang telah Kartini lakukan,” tuturnya.

Karena itulah, masih menurut Pak Huda, untuk menanamkan sejak dini nilai-nilai tersebut, Smankar sebagai lembaga pendidikan pencetak generasi penerus bangsa turut berperan serta dalam memperingati hari Kartini. Pada hakikatnya peringatan hari Kartini dinaungi nilai-nilai yang tertuang pada perilaku dan cita-cita Kartini, dan jika itu penerapannya di sekolah maka akan lahir Kartini-Kartini Millenial dengan karya dan prestasi yang membanggakan.
*DANAR SP*