Kiprah Bank Sampah”Taruna Gemilang”Desa Bandungan.

Madiun-menara madinah.com-Desa Bandungan merupakan wilayah Kabupaten Madiun yang paling timur.Berada di Kecamatan Saradan,berbatasan langsung dengan Kabupaten Nganjuk wilayah barat yaitu Kecamatan Wilangan.
Penduduk Desa Bandungan sebagian besar mencari nafkah dengan cara bercocok tanam disawah.Hasil pertanian unggulannya adalah bawang merah.
Warga Bandungan hidup dalam suasana damai,aman dan tenteram .Mereka bisa bertoleransi dengan baik ditengah perbedaan agama ,partai dan golongan.Bisa dikatakan Bandungan adalah miniatur nusantara dengan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyannya
Beberapa perguruan pencak silat juga marak didesa ini.Kebanyakan dari perguruan -perguruan itu diikuti oleh para pemuda dengan tujuan mengolah jasnani dan rohani secara maksimal agar menjadi manusia unggul dan bermanfaat .
Para pemuda Bandungan juga dikenal kreatif, inovatif, mandiri dan religius.Mereka aktif dalam kegiatan Remaja Masjid dan Karang Taruna.


Karang Taruna di Bandungan diberi nama”Tunas Muda”. Nah,salah satu pengurus “Tunas Muda”adalah Teguh Santoso Al Farie. Pemuda yang masih tercatat sebagai mahasiswa IAI Diponegoro Nganjuk ini bersama kawan-kawannya merintis suatu kegiatan yaitu Bank Sampah”Taruna Gemilang”.
“Untuk mewujudkan Desa Bandungan yang bersih dan asri”,itulah tujuan dirintisnya progran tersebut”.Demikian komentarnya diwawancarai Jarwoto dari MM.Com.
Bank sampah ini merupakan satu satunya di Kecamatan Saradan yang eksis dalam mengumpulkan sampah dan mengelolanya menjadi produk yang berguna.
Dukungan dari semua pihak sangat diharapkan agar Bank Samoah”Taruna Gemilang” tetap sukses dalam mengemban misinya untuk menjadikan Bandungan sebagai desa yang bebas sampah.

Jarwoto

(Koresponden Menara Madinah Biro Nganjuk)