Hari ke2 Sidang Pra Peradilan Kasus Mursyid Thariqoh di Kab Gowa: JAWABAN TIDAK SESUAI

Sulawesi,MenaraMadinah.Com-Persidangan hari ke2 ( Selasa, 7/1/2020) Pra Peradilan Kasus penistaan Agama , yang mentersangkakan Puang La’lang Mursyid Thoriqoh Tajul Kholwatiyah Syech Yusuf Gowa mengagendakan jawaban termohon ( polisi) polres Gowa, sesuai permohonan Tim Kuasa Hukum Puang La’lang.

Jawaban termohon disampaikan secara bergantian oleh tim Polres Gowa. Mereka memaparkan kronologis kasus, saksi saksi yang telah diperiksa baik dari pelapor maupun terlapor.

Seusai pembacaan jawaban tersebut , hakim pemimpin sidang mempersilahkan kepada tim pemohon untuk menanggapi dan hakim menanyakan apakah Tim Kuasa Hukum Puang La’lang tersebut akan melakukan Replik atau tidak.

Tim Kuasa Hukum Puang La’ Lang langsung menyatakan Replik, dan meminta Renvoy atas jawaban tertulis termohon yang tidak sesuai.

Seperti hari sebelumnya, Polres Gowa mengerahkan sejumlah personilnya di Area Sidang Pengadilan Negeri ( PN) Sungguminasa Kab Gowa.

Salah satu yang menyolok dan menjadi perhatian para pengunjung sidang adalah seorang polisi yang bersenjatakan lengkap berada di dalam ruangan sidang.

Hal ini dipersoalkan salah seorang pengunjung sidang, sebagai sebuah over akting yang tidak perlu. Karena dianggap sebagai tindakan secara psikologis mengintidasi pihak lain dalam persidangan.

” Tidak elok, polisi show off begitu di dalam ruangan sudang , apalagi ini persidangan Pra Peradilan yang menyangkut mereka ( sebagai pihak termohon dalam sidang gugatan Pra Peradilan). Kita punya kedudukan yang sama di depan hukum, termasuk polisi . Oleh karena itu sebagai salah satu pihak dalam persidangan ini, polisi harus memperlihatkan sikap yang biasa saja. Bukankah kita para pengunjung sidang juga dilarang membawa senjata tajam di dalam ruang sudang? Kan tidak boleh kan?” ujar Muhammad Ali S salah satu pengunjung sidang ini.

Hal ini diatas disampaikan kepada Kuasa Hukum pemohon. Menanggapi hal tersebut Muhammad Israq menyatakan akan menyampaikan kepada Hakim sebagai pimpinan sidang , agar kejadian tersebut tidak terulang.

Sidang berikutnya, Replik dari pemohon akan digelar besok pagi, Rabu 8/1/2020 di tempat yang sama, PN Sungguminasa Kab Gowa.
Tim Kuasa Hukum Puang La’ Lang akan menyampaikan kejanggalan dan ketidak relevanan jawaban yang disampaikan termohon ( polisi) Polres Kab Gowa pada sidang hari ini. Sumber media ini menyebutkan, jawaban termohon banyak hal yang janggal dan tidak relevan”, tandasnya.
( La Garri/ Eshadi/Tim MenaraMadinah.Com)