Buton Utara Juara 1 Pameran BUM Desa se-Sultra

Buton Utara Juara 1 Pameran BUM Desa se-Sultra

Kendari, Menarahmadinah.com (19/12) Buton Utara Juara 1 Pameran Badan Usaha Milik Desa se-Sulawesi Tenggara yang di gelar di salah satu hotel Kendari. Lomba ini di ikuti oleh 12 kabupaten/kota yang di selenggarakan tahun ini sekaligus Rapat Koordinasi pada hari Selasa (17/12) yang di selenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sultra.

Usai lomba daTenaga ahli Pengembangan Ekonomi Desa Aswin Syafiuddin SE, mengatakan untuk mengikuti lomba ini sudah melakukan persiapan yang matang sehingga hasil yang di dapat membawa Buton Utara menjuarai lomba ini.

Produk- produk yang di tampilkan Stand Butur sangat inovatif seperti Stik kelor, Stik kepiting, dan lainnya yang berasal dari Bumdesa Mekar Jaya.

“Selain Itu ada Bumdesa yang memproduksi Pupuk dan telah di kemas sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Bahkan kemarin di kira produk dari luar daerah, karena kemasannya sangat rapi,” ucapnya saat dihubungi via telepon.

Pada saat pameran Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) berkunjung di stand Butur serta sangat tertarik dengan produk-produk yang kami pamerkan.

Selain itu tiap kecamatan mempunyai kordinator seperti Bumdesa Kolasaro adalah perwakilan dari keseluruhan Bumdesa Kulisilusu Utara salah satu Bumdesa yang banyak memamerkan produknya.

Di tempat yang berbeda saat dihubungi via telepon Tenaga Ahli pengembangan Usaha Desa (TA PED) Kecamatan Kulisilusu Utara Laode Aswin Safiuddin, SE mengatakan Buton utara menampilkan produk produk organik yang inovatif dari seluruh kecamatan seperti Kambowa, Bonegunu, Kulisilusu Utara dan lainnya.

“Dari sisi keragaman, Produk khas Butur yang serba organic yang telah lama menembus Pasar Internasional dan banya lagi produk yang unik,” ucapnya.

Produk-produk yang di pamerkan sangat ragam seperti minyak kelapa organik, beras organik, dan produk khas Butur lainnya.

“Yang paling banyak menyita perhatian produk minyak kelapa organik pada saat pameran di gelar,” tutupnya.

Irfan Jurnalis Citizen