Bahasa Indonesia

oleh: Aming Aminoedhin

Beberapa kali saya sering sekadar ingatkan kawan yang menulis agak serampangan dalam statusnya. Ada yang langsung tanggap, dan mencoba menulis lebih baik, tanpa harus disingkat-singkat lagi. Utamanya, kata ‘yang’, ‘beberapa’, ‘nya’, kata ulang ditulis dengan angka 2, dst. Bahkan dia mulai berubah menulis berdasar kaidah ejaan Bahasa Indonesia yang benar. Alhamdulillah!
Kata orang pandai, “Bahasa itu menunjukkan karakter bangsa.” Nah…terus bagaimana kalau kita berbahasa Indonesia saja belepotan, dalam penulisan. Memang masih banyak kawan-kawan kita suka sembarangan menuliskan di status facebooknya. Tapi itu tidak elok, alias kurang pas, apa lagi kita itu: guru, intelektual, atau pernah kuliah; yang tentu pernah dapat pelajaran Bahasa Indonesia.
Namun berdasar pengamatan saya yang tak begitu komplit, ada juga beberapa nama yang ketika menulis status, selalu bagus dalam penulisannya. Bahkan tulisannya cukup apik dan menarik.
Tulisan bagus itu memang berisi sesuatu, yang apabila kita ikut baca jadi tambah ilmu. Setidaknya, enak dibaca, dan kita bisa berguru kebenaran ejaan penulisannya.
Jika saja, saya boleh menyebut nama penulisnya, berdasar pengamatan pribadi, maka ada nama: Djoko Saryono, Tengsoe Tjahjono, Pudji Isdriani, Amang Mawardi, Sanjoto Prijo Djatmiko, Ons Untoro, Jack Parmin, Toto Sonata, Tatan Daniel, Denny Mizhar, Dadang Ari Murtono, Arief Joko Wic, Syaf Anton, Alek Subairi, Ida Nurul Chasanah, Binhad Nurrohmat, S. Jai, Sutejo SSc, Micky Hidayat, Timur Budi Raja, Heti Palestina Yunani, Rokim Dakas, Suharmono K. Dewi Musdalifah, dan mungkin masih banyak lagi. (Maaf, jika ada yang terlewat).
Ini hanya sekadar catatan saya, boleh bersetuju, boleh juga tak setuju. Itu sah adanya. Barangkali ada juga kawan lain yang tidak bersetuju, bisa bikin sendiri pengamatan yang mungkin lebih jeli. Lebih teliti.
Tulisan ini hanya mengingatkan diri sendiri, yang terkadang ikut serampangan dalam penulisan. Begitu juga bagi siapa saja yang tergelitik untuk berbuat apik, menulis bahasa Indonesia dengan kaidah baik.
Mari menulis dengan baik dan benar! Salam!

Desaku Canggu, pas Hari Guru
25 November 2019
CC Mira Yayuk Pudji Isdriani Listyawati Sulistyo Wieranta Junaidi Suyuti Dedet Setiadi Saputra